Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Fitur Tilt dan Telesopic di Setir Mobil, Ini Loh Fungsi dan Setingnya

Octa Saputra - Jumat, 22 Maret 2019 | 22:16
Apaan sih fitur Tilt dan Telescopic di setir mobil
Autobics

Apaan sih fitur Tilt dan Telescopic di setir mobil

Otofemale.id - Setir mobil jaman now, kebanyakan sudah menggunakan fitur Tilt.

Selain Tilt, pada beberapa mobil fitur setirnya ada yang dikombinasi dengan Telescopic.

Tujuan utamanya baik fitur Tilt dan Telescopic, untuk memberikan posisi mengemudi yang pas.

Baca Juga : Kendarai Honda Genio, Nike Ardilla Tak Pakai Safety Belt Saat Kecelakaan

Dengan kedua fitur pada setir mobil plus pengaturan jok saja, posisi mengemudi yang pas jadi sangat mudah didapat.

Lalu apa itu fitur Tilt dan Telescopic pada setir mobil?

Fungsi fitur Tilt adalah untuk mengatur posisi setir naik-turun dan itu dapat dilakukan dengan membuka tuas pengunci di bawah setir.

Baca Juga : Kenalan Yuk, Fitur yang Bikin Mobil Anti Merosot di Tanjakan

Untuk Telescopic steering berfungsi buat mengatur posisi setir untuk dapat maju-mundur dengan jarak maksimal 3 inci.

Di Indonesia yang menggunakan Tilt dan Telescopic seperti Honda Jazz, Mitsubishi Outlander Sport dan All New Toyota Kijang Innova.

Jarak tengah setir dan dada pengemudi disarankan 25-30cm

Jarak tengah setir dan dada pengemudi disarankan 25-30cm

POSISI SETIR YANG PAS

Hayo siapa yang tahu bagaimana mencari posisi setir yangpas buat pengemudi?

Untuk urusan yang satu ini, bisa jadi segelintir orang saja yang tahu.

Atau bahkan hanya instruktur safety driving saja yang tahu...sungguh terlalu.

Baca Juga : Beneran Nih Harga Seken Toyota Avanza Melorot, Sampai 10%?

Posisi setir yang pas yang pertama adalah jangan terlalu dekat dengan pengemudi.

Dilansir Otofemale.id dari Canadian Centre for Occupational Health & Safety, jarak setir dengan tulang dada pengemudi antara 25-30cm (diukur dari bagian tengah setir).

Baca Juga : Heboh Lampu Merah Samsat Kircon Bandung, Lebih Lama Dari Masak Mie Instan?

Semakin dekat pengemudi dengan airbag di setir, semakin tinggi resiko untuk cidera (saat airbag mengembang) meski sudah pakai safety belt.

Jangan lupa juga memastikan bagian tengah setir, arahnya ke dada bukan kepala atau leher.

Apabila sudah diatur tapi posisi tengah setir masih belum di dada, maka pertimbangkan untuk pakai bantal pengganjal.

Posisi tangan di setir yang kekinian, arah jam 9-3

Posisi tangan di setir yang kekinian, arah jam 9-3

POSISI TANGAN DI SETIR

Jaman now, posisi tangan saat mengemudikan mobil ada di jam 9-3

Dalam posisi arah jam 9-3, nggak sekedar untuk keselamatan berkendara tapi juga nyaman.

Saat pengemudi ingin membunyikan klakson, nggak perlu geser jauh posisi tangan memegang kemudinya.

Belum lagi kalau mau nge-sein atau menyemprotkan air wiper dan menyalakan wiper.

Mobil kekinian banyak yang memasukkan fitur ke kemudi, seperti Switch Audio Control, Bluetooth Phone Connection dan bahkan Padle Shift.

Bayangkan kalau posisi tangan pada kemudinya terlalu ke atas atau bahkan ke bawah.

Oh ya ada 1 lagi, posisi kekinian ini juga tidak menghalangi airbag kalau sampai harus mengembang.

Editor : Otofemale

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x