Follow Us

Newbie Sering Lakukan Kesalahan Ini Saat Kemudikan Mobil, Ladies Sadar Atau Nggak

Kartika Afriyani - Rabu, 01 April 2020 | 22:51
Tanpa sadar, ladies lakukan kesalahan kecil saat kemudikan mobil dan bisa ganggu konsentrasi.
dramabeans.com

Tanpa sadar, ladies lakukan kesalahan kecil saat kemudikan mobil dan bisa ganggu konsentrasi.

Otofemale.id - Baru bisa kemudikan mobil sendiri, ladies jangan sampai meleng.

Seperti diketahui, mengemudikan mobil itu butuh konsentrasi tinggi.

Baca Juga: Dokter di Banyuwangi Ungkap Fakta Penyemprotan Cairan Disinfektan ke Mobil, Nggak Harus Semuanya

Meleng sebentar alias kehilangan konsentrasi walau sekejap, bisa picu kecelakaan yang nggak diinginkan.

Tahu nggak, kehilangan konsentrasi itu salah satu penyebabnya adalah karena ladies tanpa sadar melakukan kesalahan-kesalahan kecil saat mengemudikan mobil.

Baca Juga: Berhenti di Lampu Merah Tuas Transmisi Mobil Matik Wajib di Huruf N, Ini Kata Ahli

Supaya kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa sadar dilakukan itu nggak picu kehilangan konsentrasi, maka ladies kudu tahu apa saja yang termasuk hal itu.

Otofemale.id melansir dari Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana ungkap macam-macam kesalahan newbie secara rinci.

“Pengemudi pemula biasanya melakukan injak pedal tidak lembut, sering slip pedal gas dan kopling (untuk mobil manual). Sehingga kendaraan bergerak tersendat bahkan terkadang responnya lama," jelas Sony Susmana.

Baca Juga: Polda Jatim 2 Minggu Tutup Dua Jalan Utama di Surabaya, Biar Nggak Keder Ini JadwalnyaSony melanjutkan, hal yang paling berbahaya saat pengereman, biasanya terjadi pada mobil matik. "Pengemudi sering melakukan pengereman mendadak. Ini kerap terjadi pada mobil matik," lanjut Sony. Pengemudi pemula juga kurang sensitif dalam membaca putaran mesin (RPM).

Hal ini membuat perpindahan gear di RPM tinggi atau tidak konsisten, yang bisa berefek pada konsumsi bahan bakar. Menurut Sony, kesalahan yang paling awam dilakukan oleh pengemudi pemula adalah menentukan posisi kendaraan dan ruang imajiner di depan jalan yang belum akurat.

Baca Juga: Biaya Perawatan Per Hari Suzuki XL7 Diklaim Nggak Sampai Rp 4 Ribu, Kok Bisa?Sehingga sering menyerempet sesuatu yang ada di dekat mobil.“Ini karena kondisi jalan raya sangat berbeda dengan track saat latihan, jadi ketika dihadapkan dengan kondisi tersebut tidak sedikit yang merasa panik. Hal ini otomatis akan membuat pengemudi mudah untuk melakukan kesalahan,” ujar Sony. Sony juga menambahkan, pengemudi pemula tidak boleh meremehkan fungsi safety belt, dan harus menggunakan sabuk pengaman saat ini berkendara.

Source : Kompas.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest