Follow Us

Mengenal Sunburn Pada Kulit Wajah Serta Tubuh dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Kartika Afriyani - Selasa, 12 Mei 2020 | 22:20
Terpapar sinar matahari secara langsung, kulit wajah bisa alami sunburn (ilustrasi).
wellandgood.com

Terpapar sinar matahari secara langsung, kulit wajah bisa alami sunburn (ilustrasi).

Otofemale.id - Ladies yang suka naik motor pasti akan sering terpapar sinar matahari langsung.Sekedar informasi saja nih, dibandingkan dengan keunggulannya, terpapar sinar matahari langsung juga memiliki banyak dampak buruk pada kulit.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Pakai Produk Skincare Mengandung Mentimun Untuk Atasi Wajah Mengkilap Akibat Minyak BerlebihSeperti penuaan dini, warna kulit yang terlihat menjadi gelap, sunburn, hingga kanker kulit.Maka dari itu memakai pakaian yang tertutup dan penggunaan sunscreen juga body lotion yang mengandung SPF saat bepergian dengan motor harus dilakukan.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, 9 Cara Hindari Makeup Cakey Selama Bulan Puasa Untuk Pemilik Kulit KeringHal tersebut sebagai langkah awal untuk melakukan pencegahan terhadap dampak buruk dari sinar UV.Nah, dibandingkan dengan penuaan dini dan warna kulit yang menjadi gelap, sunburn dan kanker kulit akan lebih berbahaya jika enggak ditangani dengan tepat.

Otofemale.id melansir Stylo.ID, sunburn merupakan reaksi kulit terhadap sinar UV yang ekstrem dan menunjukan adanya kerusakan parah pada kulit.Awalnya, kulit akan mengalami kemerahan hingga belang di seluruh tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Aja, Bikin Sendiri Face Mist Pakai Bahan Alami IniLalu kulit mulai kehilangan kelembapan dan dehidrasi, di mana kulit akan mulai menebal dan pigmen melanin akan terbentuk.Sehingga kulit mengalami belang yang parah dan sulit untuk dihilangkan hingga dapat menyebabkan kanker kulit apabila tidak ditangani dengan segera dan tepat.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Cerahkan Wajah Seperti Artis Korea Pakai Masker Beras Beli di MinimarketUntuk mengatasi hal tersebut, ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kulit terkena sunburn.Hal pertama yang wajib segara lakukan setelah terkena sunburn adalah mandi menggunakan air dingin untuk mendinginkan kulit yang terbakar.

Aplikasikan Aloe Vera Gel setiap kali setelah mandi ke seluruh tubuh untuk menenangkan dan mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit yang terkena sunburn.Minum air putih yang banyak untuk menghidrasi dan mengurangi rasa panas pada kulit yang terbakar.Gunakan pakaian lengan panjang yang dingin dan lembut serta menyerap keringat untuk mencegah iritasi akibat gesekan saat beraktivitas.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Begini Cara Miliki Rambut yang Indah dan Sehat Selama Physical DistancingHal tersebut juga bertujuan agar kulit bisa bernafas dan mengurangi belang pada kulit.Hal yang tidak boleh dilakukan pertama kali terkena sunburn adalah mengeksfoliasi kulit.Menggunakan produk skincare dan bodycare seperti face scrub dan body scrub untuk mengeksfoliasi kulit yang belang terkena sunburn justru akan mengikis kulit menjadi lebih tipis dan kering sehingga timbul masalah kulit yang lebih serius nantinya.

Jangan mandi menggunakan air panas karena akan memperparah iritasi kulit saat terkena sunburn.Jangan menggunakan produk mengandung petroleum karena dapat memerangkap panas pada kulit.Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen dan body lotion yang mengandung SPF untuk mencegah timbulnya sunburn saat beraktivitas lama di bawah sinar matahari.

Source : Stylo.ID

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest