Follow Us

Salam Tempel ke Oknum Petugas Pemudik Nggak Punya SIKM Lolos Masuk Jakarta, Begini Kata Wagub DKI Jakarta

None - Rabu, 27 Mei 2020 | 23:43
Check point PSBB (ilustrasi).
Kompas.com

Check point PSBB (ilustrasi).

Otofemale.id - Ada oknum petugas yang berjaga di titik keluar masuk Jakarta, terima salam tempel alias suap dari pemudik.

Salam tempel pada oknum petugas tersebut dilakukan oleh pemudik yang nggak memiliki SIKM (Surat izin Keluar-masuk).

Baca Juga: Perjalanan Dalam Kota Pakai Mobil Pribadi Pemilik KTP Jabodetabek Nggak Pelu SIKM, Tapi Harus Lakukan Ini

Seperti diketahui H-2 Lebaran 2020, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan aturan wajib SIKM bagi yang ingin keluar masuk Jakarta.

SIKM itu berlaku bagi warga ber-KTP Jabodetabek maupun non KTP Jabodetabek.

Baca Juga: Surat Izin Keluar Masuk Jakarta, Siapa dan Bagaimana Cara Membuatnya

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui kebijakan terkait SIKM bagi warga yang ingin bepergian keluar atau masuk ibu kota belum sepenuhnya berjalan dengan baik.Sebab, masih ada beberapa orang dari daerah yang tidak memiliki SIKM, namun bisa masuk ke Jakarta.

Ia menyebut, hal ini bisa terjadi lantaran ada oknum petugas yang ternyata menerima suap dari pemudik sehingga orang itu bisa melenggang bebas masuk Jakarta."Kami sudah sampaikan dan laporkan ke pak gubernur ada yang melaporkan bahwa di beberapa titik di luar Jakarta yang mau masuk Jakarta (pemudik) bisa lolos dengan memberikan sejumlah uang," ucapnya dalam video teleconference (27/5/2020).

Baca Juga: Suzuki X-Over Ludes Dilalap Si Jago Merah, Kenali Lagi Penyebab Mobil TerbakarTerkait hal tersebut, ia mengaku telah menegur instansi terkait dan meminta kepada seluruh petugas yang berjaga di 16 titik pengamatan untuk tetap mematuhi aturan yang ada.Adapun para petugas yang berjaga di 16 titik pengamatan itu merupakan gabungan dari unsur Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), TNI, dan Polri.

Baca Juga: Bisanya Parkir Honda City di Outdoor, Ladies Wajib Beli Sarung Mobil yang Seperti Ini"Kami sudah sampaikan ke instansi terkait agar lebih hati-hati berjaga," ujarnya.Bila masih ada oknum petugas yang menerima suap dari pemudik itu, Riza menyebut bakal memberikan sanksi tegas kepadanya.

Pemberian sanksi dilakukan untuk memberikan efek jera agar perjuangan warga Jakarta yang telah mentaati aturan dan berdiam diri selama 2 bulan terakhir ini tidak sia-sia begitu saja."Jangan sampai pengorbanan seluruh warga yang selama ini berdiam di rumah tercederai oleh oknum karena Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu sehingga meloloskan orang yang tidak memenuhi syarat untuk masuk Jakarta," kata Riza.Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com, judul : Wagub DKI Akui Ada Oknum Petugas Terima Uang Biarkan Pemudik Tak Miliki SIMK Masuk Jakarta

Source : TribunJakarta.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest