Follow Us

Pasang Aksesori Tambahan di Dalam Mobil, Cek Deh Apa Kata Pakar

Kartika Afriyani - Kamis, 18 Juni 2020 | 21:29
Ilustrasi ornamen di dashboard mobil
Lazada.co.id

Ilustrasi ornamen di dashboard mobil

Otofemale.id - Punya mobil pribadi, pastinya ladies ingin segala sesuatunya bisa mencerminkan yang punya.

Dari urusan kenyamanan sampai dengan aksesori tambahan yang dipasangkan di mobil.

Baca Juga: Harga Anjlok, Ini Bocoran Orang Dalam Bursa Mobkas Kapan Waktu yang Tepat Buat Jual Mobil

Contohnya memasang bantal tambahan di head rest, sarung kemudi, parfum kabin, bodeka di dasbor dan pritilan lainnya.

Meski bermanfaat dan bisa mencerminkan si empunya mobil, sayangnya enggak semua aksesoris aman dipakai selama berkendara lho.

Baca Juga: Please Deh! Kendarai Mobil Itu Bawa STNK dan SIM Asli, Nekat Cuman Bawa Fotokopiannya Bisa Dipenjara

Aksesoris mobil juga bisa memberikan dampak buruk pada ladies jika enggak berhati-hati dalam memilih atau diletakkan ditempat yang salah.Otofemale.id melansir GridOto.com, ada hal yang perlu diperhatikan lagi ketika memasang aksesoris tertentu pada interior mobil.

Yuk simak penjelasannya dari Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC).1. Knob setirPenggunaan knob setir menurutnya tidaklah aman.

Baca Juga: Berkendara Jadi Nggak Nyaman Gegara Bau Lembab Dari AC Mobil, Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya"Untuk kendaraan ber-airbag akan mengganggu saat airbag mengembang," jelas Adrianto.Namun, bukan berarti knob setir aman dipasang pada kendaraan tanpa airbag, karena pada saat terjadi tabrakan, bagian tubuh yang seharusnya tidak terbentur setir malah justru dapat terbentur knob setir tersebut dan memperparah cedera yang dialami.

Baca Juga: Bagaimana Memastikan Tekanan Angin Pada Ban Sudah Cukup Aman untuk Berkendara? Ini JawabannyaTidak sampai disitu, knob setir juga dapat mengganggu saat ladies bermanuver, karena knob setir dapat menyenggol bagian tangan atau lengan ketika setir berputar balik.2. Bantal leherAdrianto menjelaskan, bantal leher boleh digunakan dan dapat menjadi pendukung tubuh, asalkan bentuknya ergonomis dan sesuai anatomi tubuh.

"Bentuknya harus mengikuti bentuk alami tubuh ladies dan tidak mengganggu pada saat bermanuver," terangnya.Jika tidak, pemasangan bantal leher justru akan menjadi masalah baru dan berbahaya ketika terjadi tabrakan karena akan memperparah cedera.3. Cover penutup setirAdrianto mengatakan, kendaraan akhir-akhir ini sudah memiliki ukuran kemudi yang sesuai dengan genggaman tangan dan dibuat senyaman mungkin oleh pabrikan.

Baca Juga: Ada yang Teriakin Ban Mobil Ladies Kempis, Bisa Jadi Tanda Anda Target Operasi Kejahatan"Menambahkan cover akan memperbesar ukuran genggaman kemudi yang tidak akan nyaman untuk beberapa orang," papar Adrianto.Maka dari itu, jika ladies ingin memasang cover penutup setir, pastikan menggunakan yang menunjang keamanan berkendara agar tidak mengganggu saat mengolah setir.4. Dekorasi, pengharum udara, atau benda-benda lain di atas dashboard"Meletakkan apa pun di atas dashboard haram hukumnya," tegas Adrianto.Hal ini berlaku meskipun sudah diberikan karet alas atau yang lainnya.Dalam kondisi tertentu misalnya saat pengereman mendadak, barang-barang tersebut dapat terlempar dan mengganggu manuver kita.Artikel ini sudah tayang di Gridoto.com, judul : Street Manners : Jangan Asal Pasang Aksesori di Interior Mobil

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest