Follow Us

Cegah Alami Ban Tiba-Tiba Pecah Dijalan, Ini 5 Cara yang Harus Dilakukan

Kartika Afriyani - Rabu, 12 Agustus 2020 | 20:40
Ban mobil pecah di jalan (Ilustrasi)
Wheels24.co.za

Ban mobil pecah di jalan (Ilustrasi)

Otofemale.id - Ban yang berfungsi sebagai penompang bodi mobil beserta isinya jangan dianggap remeh.Karena kalau enggak diperhatikan dengan baik, maka ban mobil bisa membawa petaka.

Baca Juga: Beredar Mitos atau Fakta Saat Isi Bensin di SPBU, Yuk Tanya Ahlinya Ahli Salah satunya yaitu pecah ban, yang bisa terjadi saat ladies sedang kendarai mobil dan bisa merenggut nyawa.Tapi ladies jangan khawatir, karena ada jalan untuk mencegah terjadinya pecah ban mobil di jalan.

Baca Juga: Sadis! Kotoran Burung Dalam Hitungan Jam Bisa Rusak Cat di Bodi Mobil, Jangan Sampai KecolonganMelansir Mitsubishi-motors.co.id, berikut 5 cara mencegah ban mobil pecah agar berkendara tetap aman dan nyaman.1. Gunakan tekanan udara yang sesuai pada ban utama dan ban cadangan (serep)Selalu pastikan ban dalam keadaan prima menggunakan alat untuk mengecek tekanan ban buat mobil yang belum ada fitur keterangan tekanan ban.

Karena jika kempes atau tekanan udaranya berlebihan, ban mobil dikhawatirkan akan pecah di jalan.Setiap mobil punya perhitungan tekanan udara pada ban yang berbeda-beda demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Baca Juga: Sokbreker Mobil Saatnya Ganti, Kondisi Tapak Ban Bisa Jadi PetunjukNah untuk mengetahuinya, ladies bisa melihat tekanan udara yang ideal untuk ban mobil kesayangan ladies di sisi pintu pengemudi.Untuk mengecek tekanan udara yang sesuai buat mobil, keterangannya bisa ladies lihat di sisi pintu pengemudi.

Baca Juga: Rawan Kecelakaan, Ini 4 Tips Jadi Pengemudi yang Baik di Jalan Tol2. Hindari muatan yang berlebihMobil yang diisi banyak orang atau benda hingga melebihi batas muatan yang dianjurkan maka bisa jadi penyebab ban mobil pecah.Jika ban mobil menahan beban yang terlalu berat akan membuat ban bekerja dengan ekstra di luar batas kemampuannya.

Kalau ban sudah enggak sanggup lagi menahan beban tersebut maka ban bisa meletus tiba-tiba.Agar hal itu enggak terjadi, sebaiknya ladies cari tahu batas muatan yang dianjurkan untuk mobil melalui buku petunjuk atau manual agar enggak mengalami hal yang enggak diinginkan.3. Perhatikan kembangan atau alur banMengecek kemudian membersihkan sela-sela ban secara rutin juga bisa mencegah terjadinya pecah ban mobil lho ladies.

Baca Juga: Smart Key Bisa Cepat Rusak Gegara 5 Hal Ini, Ladies Jangan Sampai Nggak TahuItu karena sela-sela ban mobil bisa saja terselip benda asing seperti batu kerikil, paku, atau lainnya yang bisa menjadi penyebab ban pecah.Selain bikin ban mobil pecah, hal itu juga bisa bikin kemampuan cengkraman ban pada permukaan jalan.Sehingga penting juga untuk selalu menjaga ban bersih dari batu kerikil dan semacamnya agar aman dari potensi ban pecah.

4. Periksa kondisi fisik banJika mobil sudah dimiliki selama bertahun-tahun dan belum pernah mengganti ban dengan yang baru, maka segeralah untuk memeriksakan kondisi fisik ban.Kalau ban mobil ladies sudah mengalami kerusakan seperti sobek atau retak, maka lebih baik untuk segera menggantinya dengan yang baru.Hal ini sebagai bentuk antisipasi agar ladies enggak mengalami pecah ban di jalan yang bisa berbahaya untuk semua orang.

Baca Juga: Beneran Nih, Doyan Charge di Mobil Picu Hape Cepat Rusak5. Hindari melewati jalan rusakSelain membuat mobil mengalami guncangan yang keras, jalan rusak juga bisa bikin ban mobil jadi pecah jika terus menghantam jalanan rusak.Jika ban mobil terus-terusan mengalami benturan keras dengan jalan berlubang maka bisa membuat rajutan kawat baja pada ban rusak atau bahkan putus yang kemudian munculah resiko pecah ban.Jadi diharapkan untuk menghindari jalanan yang rusak, atau kalau terpaksa sebaiknya melajulah dengan lambat untuk meminimalisir guncangan sekaligus kerusakan pada ban.

Source : mitsubishi-motors.co.id

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest