Follow Us

Ini Alasan Kenapa Cuci Motor Dilarang Saat Mesin Dalam Keadaan Panas

Kartika Afriyani - Kamis, 13 Agustus 2020 | 20:29
Cuci motor (Ilustrasi)
Gridoto.com

Cuci motor (Ilustrasi)

Otofemale.id - Ladies, biasanya kalau bikin motor kesayangan kelihatan kinclong itu cuci sendiri di rumah atau pergi ke tempat steam motor?Tapi baik itu cuci sendiri di rumah ataupun pakai jasa steam motor harus tetap waspada ya ladies.

Baca Juga: Kebiasaan Berkendara dengan Isi Tangki Bensin Sedikit Ternyata Tidak Baik, Bisa Merusak Mesin!Soalnya ada satu hal yang harus ladies ketahui soal cuci mencuci kendaraan roda dua.Yaitu dilarang mencuci motor saat keadaan mesin masih dalam kondisi panas.

Baca Juga: Hanya Dengan Rp 11 Jutaan Ladies Bisa Bawa Pulang Sekenan Motor Matik Honda Scoopy, Ini SyaratnyaYaps, mencuci motor setelah dipakai beberapa menit itu dilarang karena keadaan mesin yang masih panas.Selain bisa bikin badan ladies terluka kalau kena mesin yang panas, ternyata juga bisa bikin mesin berpotensi dalam masalah.

Melansir Kompas.com, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok Syamsuddin mengatakan bahwa mesin yang masih panas lalu disiram air bisa membuat blok mesin menjadi retak."Tanda awal yang paling mudah dilihat kalau mulai ada bercak atau bagian yang mengelupas," ucap Syamsuddin.

Baca Juga: Motor Matic Honda PCX Baru Bakal Segera Meluncur, Nggak Seperti BiasanyaSyamsuddin juga menjelaskan munculnya bercak dan bagian yang mengelupas pada blok mesin dikarenakan adanya perubahan suhu yang drastis.Menurutnya kondisi seperti itu memang enggak langsung terjadi, tapi bisa saja muncul jika sering mencuci motor dalam keadaan mesin yang panas.Agar hal itu enggak terjadi, Syamsuddin mengatakan jika baiknya menunggu mesin motor hingga dingin sebelum hendak dicuci.

Baca Juga: Seminggu Lagi Tilang Elektronik Untuk Motor di Jalan Margonda Mulai Berlaku, Warga Depok Siap-Siap YaMinimal tunggu 15-30 menit hingga mesin kembali dingin dan kemudian barulah dicuci dengan air dan sabun.Jadi mulai saat ini, jangan lagi mencuci motor dalam keadaan mesin masih panas kalau mau awet ya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Hindari Kebiasaan Cuci Motor Setelah Pulang Kerja

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest