Follow Us

Ternyata Ini yang Picu Mobil Terbakar Jika Isi Bensin Saat Mesin Nyala

Kartika Afriyani - Rabu, 19 Agustus 2020 | 19:41
Mengisi bahan bakar untuk mobil (Ilustrasi)
Uk.motor1.com

Mengisi bahan bakar untuk mobil (Ilustrasi)

Otofemale.id - Saat mengisi bensin untuk mobil ada kebiasaan yang harus dilakukan, yaitu mematikan mesin kendaraan.

Tapi terkadang suka ada pengemudi yang ogah mematikan mesin kendaraannya saat mengisi bensin.

Baca Juga: Kelar Terjang Genangan Air Hujan Mobil Segera Dicuci, Biar Terhindar dari Jamur dan KaratNah cara yang kedua, yakni ogah mematikanmesin itu bisa picu kebakaran loh.Melansir Kompas.com, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi memastikan hal tersebut.

Baca Juga: Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak dan Minta Cepat Diganti, Jangan Lakukan 5 Hal IniAlasan yang ungkapkan Didi Ahadi, terkait dengan adanya listrik statis karena sistem kelistrikan yang aktif saat mesin mobil nyala."Kondisi ini bisa memicu kebakaran, untuk alasan safety mesin memang harus dimatikan.Terjadinya listrik statis bisa dari mana saja, ditambah dengan adanya kebocoran kabel, atau bunga api dari knalpot, itu semua bisa memicu kebakaran," jelasnya.

Itulah mengapa mengisi bensin mobil sambil menyalakan mesin adalah hal yang dilarang untuk dilakukan.Meskipun pabrikan mobil telah memberikan rancangan desain yang aman seperti posisi tangki bensin yang letaknya berlawanan dengan knalpot atau memposisikan mesin berjauhan dengan knalpot, tetap saja diperlukan untuk waspada.

Karena kebakaran pada kendaraan suka susah ditebak dan lebih baik cari aman.Didi juga menambahkan mematikan mesin mobil saat mengisi bensin adalah untuk keselamatan bersama.Jangan sampai demi mobil tetap adem sama AC, terus mesin tetap dinyalakan saat mengisi bensin yang bisa mengancam keselamatan bersama."Namun untuk alasan safety, kita juga harus patuhi peraturan tersebut.Jangan egois sendiri biar kabin tetap dingin," tegas Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul "Kendaraan Isi BBM Wajib Matikan Mesin, Mitos atau Fakta?

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest