Follow Us

Obat Penasaran Ladies Penyuka Balap MotoGP, Ini Alasan Valentino Rossi Turunkan Kaki Saat Mau Menikung

Kartika Afriyani - Selasa, 25 Agustus 2020 | 13:08
Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso melakukan Rossi Leg Wave (Ilustrasi)
Manado.tribunnews.com

Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso melakukan Rossi Leg Wave (Ilustrasi)

Otofemale.id - Kegantengan pebalap MotoGP seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, Avdrea Dovizioso, jadi daya tarik tersendiri buat penggemar cewek.

Selain soal tampang keren, serunya balapan MotoGP juga bikin deg-degan saat nonton.

Baca Juga: Kymco Hadirkan Like 50 Dengan Tampilan Motor Matic Vintage, Harganya Cuma Rp 15 JutaNah buat ladies yang kebetulan suka nonton MotoGP, mungkin juga pernah terlintas rasa penasaran tentang salah satu kebiasaan yang suka dilakukan oleh pebalap MotoGP.

Yaitu ketika salah satu pebalap melakukan aksi menurunkan kaki saat berada di tikungan.

Baca Juga: Motor Nopol Ganjil Disebutkan dalam Pergub Nomor 80 Tidak Boleh Menintas di Tanggal Genap, Fix Kena Gage?Aksi tersebut pun enggak dilakukan di setiap tikungan, sehingga mampu membuat ladies semakin penasaran kenapa hal itu mereka lakukan.Ladies yang masih awam tentang dunia MotoGP mungkin berpikiran hal itu dilakukan untuk menjaga keseimbangan agar enggak jatuh.

Namun faktanya, aksi menurunkan kaki agar enggak jatuh itu enggak sepenuhnya benar lho.Melansir Kompas.com, Valentino Rossi merupakan orang pertama yang mencetuskan teknik tersebut.

Baca Juga: Buka Normal, Layanan SIM Keliling di Jakarta Ada di 4 Wilayah IniHal itu Rossi lakukan pertama kali pada tahun 2005 dengan alasan refleks untuk membantu pengereman saat berada di tikungan.Saat itu ia sedang berusaha untuk menyalip Sete Gibernau di tikungan terakhir dengan menurunkan kakinya.

Baca Juga: Biar Nggak Senasib dengan Turis Jepang yang Relakan Rp 1 juta, Ini Loh Aturan Lampu Motornya MatiKeduanya pun bersenggolan hingga membuat Gibernau melebar dan membuat Rossi menjadi pemenang balap panas tahun 2005 silam.Kejadian saat balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, 2005 pun membuat hubungan Rossi dan Gibernau menjadi renggang.

Namun kalau ditanya soal apakah ngaruh atau tidaknya teknik tersebut bisa membantu pengereman, ternyata enggak juga.Soalnya Rossi dan Jeremy Burgess, kepala mekaniknya pada saat itu, melihat data telemetri yang ternyata enggak menunjukan adanya perbedaan dengan memakai atau tidaknya teknik tersebut.Data yang menampilkan waktu pengereman, kekuatan pengereman, distribusi bobot, serta lainnya tetap menunjukkan angka yang sama baik kaki di atas footstep atau kaki turun saat melewati tikungan yang sama.

Baca Juga: Helm Basah Gegara Kehujanan, Begini Cara Keringkan Tanpa Pakai Hairdryer Tapi ada juga yang bilang kalau teknik tersebut bisa memberikan stabilitas tambahan pada rem dengan memindahkan pusat gravitasi pengendara, atau motor lebih rendah dan maju ke bagian dalam tikungan yang mendekat.Dan ada juga yang bilang kaki yang melambai tersebut bekerja seperti rem udara, meningkatkan hambatan angin, dan membantu menurunkan kecepatan.Meskipun terkesan belum pasti apa pengaruhnya, tapi banyak pebalap yang sudah mengikuti teknik yang dikenal dengan nama Rossi Leg Wave itu.

Mulai dari Marco Melandri, Casey Stoner, Dani Pedrosa, termasuk Marc Marquez dan banyak generasi MotoGP lainnya.Karena beranggapan pebalap yang melakukan teknik tersebut bisa melakukan pengereman dengan lebih baik dibandingkan saat kakinya di atas footstep.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul Kenapa Pebalap MotoGP Menurunkan Kakinya Saat Akan Menikung?

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest