Follow Us

Ladies yang Masih Doyan Cek Hape Saat Kendarai Mobil, Ini Kata Ahli

Kartika Afriyani - Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:15
Menyetir sambil main ponsel (Ilustrasi)
Verolawyers.com

Menyetir sambil main ponsel (Ilustrasi)

Otofemale.id - Kendarai mobil sambil lihat ponsel masih banyak dilakukan oleh ladies, entah untuk membalas chat atau menelpon.

Padahal sudah ada peringatan bahwa bermain ponsel saat menyetir bisa menurunkan konsentrasi dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Serangan Jantung Dugaan Pengemudi di Surabaya Meninggal Dunia dalam Mobil, Yuk Kenali Tanda-TandanyaDitambah lagi bermain ponsel sambil menyetir bisa dikenakan Pasal 283 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Bagi pengemudi mobil yang ketahuan melanggar aturan tersebut akan dikenakan denda sebanyak Rp 750 ribu.

Baca Juga: Doyan Nyetir Mobil Sambil Dengarkan Musik, Perhatikan 4 Hal IniItulah kenapa ladies harus sebisa mungkin untuk menghindari cek ponsel saat sedang menyetir mobil.Melansir Kompas.com, menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengemudikan mobil bisa jadi kegiatan yang berat.

Meskipun mobil sudah dilengkapi dengan fitur yang aman untuk menerima telepon atau semacamnya, menyetir tetap saja melibatkan seluruh panca indera yang bisa menguras energi.Sehingga enggak disarankan untuk melakukan multitasking saat sedang menyetir mobil.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Picu Mobil Terbakar Jika Isi Bensin Saat Mesin Nyala"Secara prinsip, pengemudi yang baik itu hanya mengemudi.Tidak boleh sambil melakukan aktivitas yang lain, sekalipun alasannya sebentar atau hanya mendengar saja," terang Sony.

Baca Juga: Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak dan Minta Cepat Diganti, Jangan Lakukan 5 Hal IniBahkan menurut Sony, orang yang hanya membalas pesan dan menerima telepon walaupun sebentar atau sekedar mendengar konsentrasinya sudah bisa terganggu.Jika diilustrasikan, jika ladies sedang melaju dengan kecepatan 100 kpj misal. Kemudian melihat smartphone selama sekitar 1-2 detik saja, mobil yang ladies kendarai tanpa sadar sudah berjalan puluhan meter.

Selama mobil berjalan, tanpa ladies awasi bisa saja ada mobil yang ingin menyalip, kendaraan lain yang berhenti mendadak, atau orang lewat."Makanya yang benar, berhenti di tempat yang aman sebelum menerima panggilan atau membalas pesan," terang Sony."Atau jika terdapat fitur koneksi dengan ponsel, sebaiknya pilih-pilih panggilan yang akan kita terima.Karena ada bahaya ketika berita yang kita terima dapat memicu emosi," tuturnya.Dan peringatan lainnya, beberapa wilayah di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya sudah menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).Sehingga akan mempermudah pihak berwajib untuk mencatat pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas, salah satunya bermain ponsel saat mengemudi.Dari pada kena tilang keluarin duit ratusan ribu atau membahayakan nyawa ladies atau orang lain, lebih baik hindari main ponsel saat menyetir bukan?Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Ketahui Ini Bahaya Mengemudi Sambil Main Ponsel

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest