Follow Us

Kendarai Mobil Saat Hujan Punya Potensi Kecelakaan Tinggi, Makanya 5 Hal Ini Ladies Kudu Tahu

Octa - Selasa, 22 September 2020 | 22:22
Potensi kecelakaan lebih tingi saat berkendara dalam kondisi hujan (ilustrasi)
octa saputra/Otofemale.id

Potensi kecelakaan lebih tingi saat berkendara dalam kondisi hujan (ilustrasi)

Otofemale.ID - Potensi kecelakaan jadi lebih tinggi, saat ladies kendarai mobil dalam kondisi hujan.

Oleh karenanya, ladies butuh tahu bagaimana berkendara aman saat hujan.

Baca Juga: Kabar Anyar dari Kantor Samsat, Jam Tutup Dipercepat Sejam

Setidaknya ada 5 hal berkendara saat hujan yang ladies wajib tahu.

1. Awal Hujan adalah Momen BerbahayaSaat hujan pertama kali turun, pengemudi mesti ekstra hati-hati.

Baca Juga: PSBB Ketat Jakarta, Jam Operasional Diler Honda Nggak Berubah KokPasalnya, lapisan minyak di atas aspal yang biasa muncul saat hujan pertama kali turun bisa berdampak pada menurunnya daya cengkeram ban mobil.Jadi segera kurangi kecepatan dan mengemudi secara halus saat hujan pertama kali turun.

2. Nyalakan Wiper Sesuai Derasnya HujanBegitu hujan turun segera nyalakan wiper mobil.Kalau dibekali fitur Auto Wiper, aktifkan saja agar kecepatan wiper bisa menyesuaikan sendiri sesuai derasnya hujan saat itu.

Baca Juga: Beri Hadiah Mercedes-Benz untuk Paula Verhoeven, Baim Wong: 'Hadiah karena Kamu Tambah Cantik'Bila tidak dilengkapi, Anda bisa mengatur sendiri kecepatan usapan wiper.3. Waspada Penurunan Daya Cengkeram BanSeiring derasnya hujan yang turun, penurunan daya cengkeram ban ke permukaan aspal bisa terjadi.

Baca Juga: Hati-hati! Bahaya Ini Mengintai Jika Kita Malas Cuci Mobil Saat Musim HujanJadi kurangi atau kendalikan kecepatan mobil, khususnya saat menikung.Tujuannya untuk meminimalisir risiko mobil mengalami slip.

4. Antisipasi AquaplaningHal penting lain yang mesti diperhatikan adalah genangan air dan kemampuan ban mobil melewatinyaSaat ban mobil melewati genangan air bisa terjadi gejala aquaplaning atau hydroplaning.Aquaplaning adalah kondisi terbentuknya lapisan air di antara ban dan permukaan jalan.

Baca Juga: Terkadang Dilakukan Tanpa Sadar, Begini Gejala Umum Microsleep yang Membahayakan Ketika BerkendaraKondisi ban yang ngambang seperti ini membuat ban kehilangan traksi dan pengemudi kehilangan kontrol terhadap mobil.Jadi selalu kurangi dan batasi kecepatan mobil saat melewati genangan air untuk mereduksi potensi munculnya gejala aquaplaning.5. Nyalakan Lampu Utama, Bukan HazzardSaat hujan semakin deras, nyalakan lampu utama (headlamp).

Tujuannya untuk membantu memudahkan pengemudi lain mengetahui posisi kendaraan Anda.Jangan nyalakan lampu hazzard saat hujan deras.Lampu hazzard hanya dinyalakan saat Anda berhenti karena mengalami kondisi darurat.Bila Anda menyalakan lampu hazzard saat hujan deras, Anda tidak bisa menggunakan lampu sein.Akibatnya pengemudi lain tidak bisa tahu bila Anda akan pindah jalur atau belok.(*)Artikel ini sudah tayang di Gridoto.com, judul : Mengemudi saat Hujan Deras, Wajib Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest