Follow Us

Komedo Jadi Lebih Banyak Gegara Pemakaian Masker, Dokter Bilang Ini Penyebabnya

Octa - Selasa, 22 September 2020 | 22:40
Pakai masker (ilustrasi) jadi protokol kesehatan yang wajib dilakukan saat ini.
dubai92.com

Pakai masker (ilustrasi) jadi protokol kesehatan yang wajib dilakukan saat ini.

Otofemale.ID - Pakai masker sekarang nggak bisa ditawar lagi, bahkan saat kendarai mobil sendirian.

Ketahuan nggak pakai atau bahkan cara pakai nggak sesuai, bisa langsung diberhentikan petugas.

Baca Juga: Kendarai Mobil Saat Hujan Punya Potensi Kecelakaan Tinggi, Makanya 5 Hal Ini Ladies Kudu Tahu

Siap-siap deh bayar denda Rp 250 ribu atau kerja sosial.

Kalau urusan pakai masker sudah seperti ini, ladies siap-siap deh muncul komedo.

Baca Juga: Kelamaan Pakai Helm Saat Naik Motor Bikin Masalah Rambut, Ini Penyebabnya

Kok komedo jadi banyak muncul gegara pakai masker?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Indah Widyasari,Sp.KK jelaskan penyebabnya.

1. Produksi minyak meningkatPada area hidung, pipi, dan dagu yang tertutup oleh masker bisa terjadi peningkatan kelembapan serta peningkatan suhu kulit.Peningkatan ini merangsang produksi kelenjar minyak yang ada pada kulit.

Baca Juga: Hindari Masalah Kulit Wajah Dengan Sabun Cuci Muka Anti polusi, Ini Rekomendasinya Akibatnya, aktivitas kelenjar minyak meningkat dan produksi minyak pun meningkat.Minyak berlebih pada kulit ini bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Begini Cara Hilangkan Bau Tak Sedap yang Menempel Meski Tanpa Pewangi Mobil2. Iritasi akibat gesekan maskerSaat menggunakan masker, kulit wajah akan mengalami gesekan dengan masker saat berbicara atau membenahi masker.Gesekan antara masker dan kulit wajah ini bisa menyebabkan iritasi berulang yang membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Hal ini bisa memicu reaksi peningkatan kelenjar minyak serta peradangan pada kulit.3. Adanya bakteriSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, peningkatan kelembapan saat memakai masker bisa meningkatkan produksi minyak.Akibatnya, semakin banyak pula bakteri yang bisa menempel pada kulit.Bakteri-bakteri ini juga dapat menyebabkan komedo yang lebih banyak.4. Pemakaian makeup berlebihKondisi kulit bisa menjadi lebih buruk apabila kita menggunakan makeup berlebihan sambil mengenakan masker.Penggunaan makeup tebal bisa menutup pori-pori dan membuat minyak serta bakteri terperangkap di dalamnya.Akibatnya, komedo menjadi lebih mudah terjadi.(*)Artikel ini sudah tayang di Stylo.ID, judul : Komedo Makin Banyak Akibat Pakai Masker? Ternyata Ini Penyebabnya Menurut Dokter Spesialis Kulit!

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest