Follow Us

Perjalanan Luar Kota, Nyetir Mobil Kapan Waktu Istirahatnya?

Octa - Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:06
Rest area di jalan tol
Tribunnews.com

Rest area di jalan tol

Otofemale.ID - Nyetir mobil butuh konsentrasi tinggi dan itu bikin cepat lelah.

Oleh karenanya bagi pengemudi, wajib hukumnya untuk istirahat.

Baca Juga: Isi Bensin Mobil di SPBU Rest Area Jalan Tol Jangan Lupa Matikan Mesin, Ini Alasannya

Pertanyaannya, kapan waktu istirahat yang tepat saat nyetir mobil luar kota?

Jusri Pulubuhu, Instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) ungkapkan idealnya pengemudi lakukan istirahat setelah 2 jam berkendara.

Nggak usah lama-lama supaya nggak kehilangan mood buat mengemudi.

Baca Juga: Perjalanan Luar Kota Pakai Mobil Pribadi Lebih Aman Siang Hari, Ini Alasannya

"Pastikan setiap dua jam harus istirahat, paling tidak selama 15 sampai 30 menit untuk dua jam pertama.

Dua jam selanjutnya istirahat selama satu jam," ungkap Jusri.

PROKES Di REST AREA

Rest area jalan tol, wajib protokol kesehatan (prokes) bagi pengendara mobil yang hendak mampir.Seperti diketahui, prokes saat ini jadi senjata untuk redam penularan Covid-19.

Baca Juga: Ganti Bohlam Mobil, Mendingan Pilih yang Jenis Halogen atau LED?Oleh karenanya siapapun dan dimanapun juga, wajib mematuhi prokes.Termasuk juga di rest area jalan tol, saat hadapi libur panjang seperti week end ini.Prokes berlaku di rest area, seperti dikatakan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru.

Baca Juga: Kabar PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang, Aturan Ganji Genap Nggak Berubah"Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," kata Heru, Senin (26/10/2020).

Dalam kesempatan yang sama Heru memohon komitmen bagi pengguna rest area untuk disiplin melaksanakan prokes di mana pun berada.Disarakan juga saat lakukan perjalanan lewat jalan tol untuk bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan.Saat harus mampir ke rest area untuk istirahat, Jasa Marga menghimbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.Dan kalaupun harus membeli makanan di rest area, memilih untuk take away dibandingkan makan di tempat.(*)

Source : GridOto.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest