Follow Us

Pakai Skincare Anti Aging Jangan Sampai Terlambat, Ini kata Dokter

Octa - Kamis, 18 Februari 2021 | 17:02
Mitos Soal Anti Aging Ini Masih Salah Dipahami, Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas?
Freepik

Mitos Soal Anti Aging Ini Masih Salah Dipahami, Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas?

Otofemale.ID - Pada saat usia ladies mencapai 20 tahun, maka akan muncul tanda penuaan dini.

Tanda pertama itu muncul di sekitar mata dengan bentuk kerutan dan penurunan lipatan mata.

Baca Juga: Pede Luntur Gegara Pori-Pori Besar di Wajah, Coba Deh Masker Timun dan Air Lemon

Lalu apakah kemunculan tanda penuaan dini itu, membuat usia 20 tahun jadi saat yang pas untuk menggunakan skincare anti aging?

Kali ini, dr. Ruri D. Pamela, Sp.KK sebagai seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang tergabung dalam id.derms menjelaskan sejak usia berapa harus pakai skincare anti aging.

Baca Juga: Sunscreen Tetap Dipakai Meski di Rumah Aja, Ini Penjelasan DokterPenjelasan mengenai sejak usia berapa harus pakai skincare anti aging ini dijelaskan oleh dr. Ruri pada Instagram Live Stylo Indonesia x id.derms dengan tema Skincare Rules.Menurut dr. Ruri, meski tak ada patokan yang khusus soal kapan harus mulai pakai skincare anti aging, ada tips yang bisa diikuti.

Dijelaskan dr. Ruri, bahwa proses penuaan sebenarnya sudah terjadi sejak kita lahir.Tapi rata-rata mulai alami masalah kulit saat menginjak usia pubertas.

Baca Juga: Komedo Hitam Bikin Hidung Terasa Kasar, 2 Masker Alami Ini Andelan Banget DehBeberapa ahli mengatakan bahwa usia 20-an sebaiknya sudah mulai pakai skincare anti aging, terutama retinol.Mengapa retinol disarankan sejak usia 20-an dan tidak sejak usia remaja ketika mulai mengalami masalah kulit?

Baca Juga: Tisu Basah Baiknya Jangan Dipakai Bersihkan Wajah, 3 Masalah Ini Bisa KejadianJawabannya, perlu berhati-hati dalam pemakaian retinol karena retinol punya risiko iritasi, sehingga sebaiknya jangan digunakan di usia remaja."Amannya adalah anti aging terbaik mulai dipakai pada saat mulai menginjak usia 20 tahun," jelas dr. Ruri.

Jangan menunggu hingga tanda penuaan muncul untuk mulai menggunakan skincare anti aging.Menurut dr. Ruri, hal tersebut bisa dibilang sudah terlambat."Kalau sudah muncul tanda penuaan dan kita baru pakai, itu terlambat,” jelasnya.Menggunakan produk anti aging diibaratkan seperti investasi pada kulit."Kita pakai sunscreen, pakai serum anti aging itu enggak akan dapat hasilnya segera, kita akan merasakan manfaatnya setelah bertahun-tahun," terang dr. Ruri.Itulah mengapa menggunakan skincare anti aging sebaiknya dilakukan sesegera mungkin jika sudah menginjak usia 20 tahun.(*)

Artikel ini sudah tayang di Stylo.ID - Sejak Usia Berapa Harus Pakai Skincare Anti Aging? Ini Jawaban Dokter!

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest