Follow Us

Sebelum Ajak Mobil Terobos Banjir, Pastikan Hal Ini Terlebih Dulu

Octa - Jumat, 19 Februari 2021 | 21:50
Jalanan di Jakarta terendam banjir (ilustrasi).
Twitter/TMCPoldaMetro

Jalanan di Jakarta terendam banjir (ilustrasi).

Otofemale.ID - Beberapa kawasan Jakarta terendam banjir, akibat hujan yang turun dari kamis kemarin.

Prakiraan cuacanya, hujan masih akan mengguyur Jakarta dalam kurun waktu beberapa hari ke depan.

Pastinya jadi hal yang kurang menguntungkan, buat yang weekend harus keluar rumah.

Baca Juga: Awas Jamur, Lakukan Ini Setelah Mobil Kehujanan Meski Tertutup Cover

Kalau memang nggak bisa ditunda dan harus keluar rumah apalagi pakai mobil matik, jangan sembarangan melibas banjir.

Soalnya ada resiko besar yang mengancam, saat mobil matik nekat terobos banjir.Itu dikarenakan mobil matik banyak miliki komponen elektrikal.

Tahu sendiri, kalau listrik kena air bisa konslet dan kalau sudah kejadian, bahkan gigi transmisinya bisa macet.Paling benar sih, pilih jalan lain yang nggak banjir.Tapi kalau nggak ada pilihan lain, ada beberapa langkah aman buat mobil matik lewati banjir.

Baca Juga: Mobil Lolos Aturan Uji Emisi, Suzuki Bagikan 6 Tips Ampuhnya Dari berbagai sumber didapat bahwa langkah pertama yang aman kalau mobil matik terpaksa melintasi banjir adalah dengan memastikan seberapa dalam genangan airnya.Caranya bisa dengan melihat mobil di depan atau benda seperti tiang listrik atau trotoar.Sangat dianjurkan untuk urungkan niat melintasi area banjir, bila tinggi air lebih dari setengah ban.

Kalau mobil matic kamu Toyota Avanza, pastikan posisi tuas transmisi ada di L.Jangan lupa untuk selalu jaga jarak aman dengan mobil di depan.Siapa tahu mobil di depan tiba-tiba mogok, kamu bisa cepat untuk menghindarinya.

Baca Juga: Hari Ini Prakiraan Cuaca Siang Jakarta Diguyur Hujan, Pakai Mobil Matik Ingat Ini Kalau Terpaksa Lewati BanjirBagaimana kalau sudah di tengah-tengah banjir, tiba-tiba terpaksa berhenti?Dalam kondisi seperti ini, putaran mesin harus tetap stabil.Untuk mobil matik, menjaga putaran mesin tetap stabil saat kondisi berhenti harus dibantu dengan rem dan kaki tetap menginjak pedal gas (main halus ya).

Setelah aman melewati genangan air, jangan lupa untuk beberapa kali lakukan pengereman.Gunanya agar komponen tersebut fungsinya normal lagi setelah terkena air banjir.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest