Otofemale.ID - Kendarai motor matik, baik rem depan maupun belakang semuanya ada di tangan
Maksudnya tangan jadi tumpuan utama pengoperasian sistem pengereman.
Baca Juga: Motor Matik Honda BeAT Ojol Dibawa Kabur Oknum Debt Collector, Korban Ditipu!
Sama-sama untuk ngerem, namun tuas rem kiri dan kanan miliki fungsi yang berbeda.
Sudah tahu beda fungsi tuas rem kiri dan kanan motor matik?
Melansir dari Wahanahonda.com, tuas rem kiri motor matik itu miliki fungsi pengereman roda belakang.
Baca Juga: Motor Matik Honda BeAT Jarang Dipakai Selama PPKM Berjenjang, Ini Panduan Ganti Oli Mesin
Nah sedangkan tuas rem yang kanan, yup...bener banget deh.
Fungsinya tuas rem kanan untuk pengereman roda depan.
NGEREM KONDISI DARURAT
Dilansir dari GridOto.com, paling penting yang harus dilakukan ketika mengerem motor matik dalam kondisi darurat adalah dengan cara memainkan rem.Artinya jangan menarik tuas rem terlalu dalam secara mendadak.
Baca Juga: Pe-Er Banget Motor Matik Terasa Berat Sangat di Dorong, Kenali PenyebabnyaSebab tindakan itu malah bisa bikin ban jadi terkunci kemudian tergelincir.Tekniknya, dengan cara mengocok rem atau menarik dan mengendurkan tuas rem dalam tempo yang cukup sering.Usahakan saat melakukan pengereman, pakai rem depan terlebih dahulu.
Baru diikuti penggunaan rem belakang untuk mengimbangi proses pengereman.Selain itu, ada baiknya juga memposisikan motor dalam keadaan lurus saat ingin mengerem.Sebab, jika mengerem dalam kondisi menikung, bisa-bisa motor malah tergelincir(*)