Follow Us

Jarum Indikator Bensin Mobil Sudah Nangkring di Huruf E, Masih Berapa Jauh Lagi?

Octa Saputra - Kamis, 07 Oktober 2021 | 21:30
Indikator bensin mobil
Toyota

Indikator bensin mobil

Otofemale.ID - Lagi enak nikmati perjalanan dengan mobil pribadi, pandangan terganggu dengan jarum indikator bensin.

Lah bagaimana nggak terganggu, kalau jarum indikator bensinnya nangkring di huruf E.

Panik nggak...panik nggak...nggak perlu panik lah kalau tahu aslinya.

Baca Juga: Eits! Tabung Reservoir Air Radiator Nggak Perlu Diisi Sampai Penuh, Bikin Luber

Huruf E, pengemudi mobil banyak yang mengira itu artinya adalah empty alias kosong.

Memang kondisi tangki bensin kosong sih, saat indikatornya ada di huruf E.Tapi sesungguhnya, menurut Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi nggak benar-benar kosong.

"Tetapi masih ada beberapa sisa liter dalam tangki, bukan benar-benar kosong, ujarnya.Dilanjutkan oleh Bambang Supriadi seperti dilansir dari Kompas.com, bahwa rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter dan jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer. Atau dengan kata lain masih ada ada cadangan bensin sekitar 3 liter sampai 6 liter, saat indikator bensin sudah ada di huruf E.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Sudah Pakai Spion Retract, Boleh Ditutup Manual?Dengan kondisi bensin yang mulai menipis di dalam tangki bahan bakar mobil, maka arti huruf E diindikator itu mirip-mirip lampu kuning di traffic light.Kalau lampu kuning menyala jadi tanda pengemudi mobil siap-siap berhenti, maka indikator bensin E artinya siap-siap mampir ke pom bensin.PERTAMAX ATAU PERTALITESelisih harga, bisa jadi pertimbangan seseorang untuk melakukan pembelian.

Namun khusus untuk urusan beli bensin mobil, selisih harga bisa berdampak negatif.Saat ini di SPBU Pertamina Jakarta, harga Pertalite per liter Rp 7.650 dan Pertamax Rp 9.000/liter.

Baca Juga: Jalan Tol Mulai Ramai Saat Level PPKM Turun, Begini Cara Baca Rambu Batas Kecepatan Maksimum dan Minimum Nggak hanya harganya saja, Pertalite dan Pertamax juga miliki spesifikasi yang beda.Nah mobil baru, oleh pabrikan sudah direkomendasikan untuk menggunakan bensin angka oktan (RON) 92 alias Pertamax.Kalau masih nekat pilih Pertalite yang RON 90, dikatakan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna akan ada efek sampingnya(*)

Source : Kompas.com

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest