Follow Us

Lagi Ramai Stiker Hologram Biar Kendaraan Bebas Tilang, Begini cara Dapatkannya

Octa Saputra - Jumat, 29 Oktober 2021 | 22:23
Stiker hologram sebagai sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor
Sonora.id

Stiker hologram sebagai sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor

Otofemale.ID - Beberapa hari belakangan ini, lagi anget-anget ngomongon soal stiker hologram.

Ramai jadi omongan, soalnya mobil atau motor tanpa stiker hologram bisa kena tilang polisi.

BTW apaan sih stiker hologram yang dimaksud?

Baca Juga: Beli Helm Baru di Jakarta Helmet Exhibition Saja, Acara Mulai Besok

Stiker hologram tersebut bagian dari program Digitalisasi Road Tax.Program tersebut diluncurkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Jasa Raharja pada Senin (18/10/2021).Tujuannya untuk mendukung gerakan tertib bayar pajak kendaraan bermotor.

Aktualisasi dari program tersebut yaitu dengan meluncurkan stiker berpengaman hologram sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.Dengan adanya stiker berpengaman hologram itu, petugas di lapangan akan lebih mudah menindak pengendara yang lalai dalam melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan.Artinya, jika nanti kedapatan ada kendaraan yang tidak memasang sitker hologram tersebut, petugas bisa saja melakukan tilang.

Baca Juga: Motor Matik Honda BeAT Masih Primadona Maling, Polisi Berhasil Tangkap 3 TersangkaUntuk mendapatkan stiker hologram, bisa dilakukan secara offline dan online.

Pembayar pajak yang offline, bisa datangi kantor Samsat daerah masing-masing.

Setelah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat, pemilik kendaraan akan mendapatkan stiker road tax.

Nah bagi yang bayar pajaknya secara online, akan menerima kode verifikasi berupa teks atau barcode 2D melalui KIOSK.

Baca Juga: Umur Pakai Motor Matik Jadi Patokan Wajib Lakukan Uji Emisi, Kamu Sudah Tahu?

Pemilik kendaraan cukup pergi ke KIOSK terdekat, lalu lakukan scan kode verifikasi pada QR Scanner. Kemudian, akan muncul tampilan stiker KIOSK pemilik kendaraan.

Pastikan data yang akan tercetak sesuai dan benar, klik oke apabila data sudah akurat. Maka stiker road tax akan tercetak dan bisa langsung diambil. Artikel ini telah tayang di Kompas.com-Cara Mendapatkan Stiker Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest