Otofemale.ID - Siap sewaktu-waktu digunakan, jangan lupakan ban serep mobil.
Hal yang jangan dilupakan adalah soal perawatannya.
Jangan sampai gegara tidak dirawat, ban serep malah tidak bisa digunakan saat dibutuhkan.
Terkait dengan perawatan ban serep, setidaknya 2 hal ini yang dilakukan.
1. Kondisi fisik
Dikutip dari toyota.astra.co.id, paling utama perawatan ban serep itu memperhatikan kondisi karetnya.
Perhatikan, apakah kondisi karetnya masih bagus atau sudah ada kerusakan seperti permukaan yang getas.
2. Tekanan angin
Bisa langsung dipakai saat dibutuhkan, maka tekanan angin pada ban serep jangan sampai kurang.
Minimal sebulan sekali perlu dicek tekanan udara ban serep dengan tekanan paling tidak 10 PSI di atas tekanan ban normalnya.
TITIK KUNING DI BAN
Kode di ban mobil, nggak hanya berupa angka-angka atau kombinasi dengan huruf saja loh.
Baca Juga: Mobil Diesel Jaman Now Tetap Bisa Jalan Meski Minum Solar Biasa, Tapi...
Pada ban mobil ada juga yang diberi kode titik dengan warna kuning.Atau juga kode model titik, tapi warnanya merah.Adapun maksud dari kode titik kuning, jadi tanda titik teringan ban mobil.Atau bahasa kerennya light static balance point.Area paling ringan ini berguna sebagai panduan saat melakukan balans roda atau pemasangan pelek.Biasanya tanda ini dipasang sejajar dengan pentil ban karena pentil ban sudah pasti menambah bobot pada pelek(*)