Otofemale.ID - Motor matic, kebanyakan menggunakan 2 model sistem pengereman.
Untuk ban belakang, biasanya yang digunakan adalah rem model teromol.
Nah kalau di bagain depan, sistem pengeremannya menggunakan cakram (disc brake).
Khusus untuk rem cakram, cara kerjanya disc brake yang ada di roda depan dijepit oleh kaliper (caliper).
Pemicu proses diatas adalah piston yang ada di kaliper yang menggerakkan kampas rem ke cakram itu sendiri.
Perlu diketahui oleh cewek pada sistem pengereman model disc brake, jangan sampai cuekin kampas rem yang sudah habis.
Pasalnya membiarkan kampas rem depan sampai habis, akan bikin masalah pada disc brake.
Kampas yang habis hingga tersisa besinya akan memakan piringan cakram saat bergesekan hingga kondisinya jadi tipis.
Kalau sudah seperti itu, motor jadi kurang safety saat digunakan.
Baca Juga: Oli Mesin Motor Matic Baru dari Federal Oil, Harga Mulai Rp 40 Ribuan
CEK KAMPAS REM