Otofemale.ID - Oknum sales nakal diler resmi, beraksi kembali merugikan konsumen.
Kali ini yang jadi korban, konsumen yang hendak beli mobil baru.
Dan diler resmi yang kena imbas kelakuan nakal oknum sales itu, diler Mitsubishi Lautan Berlian Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Korban dilansir dari Gridoto.com, mengunggah kasus penipuan ini ke media sosial.
Di akun Facebook BebbyZetta Silvia, diceritakan kronologinya (5/6/2022)."Hati-hati penipuan di dealer Mitsubishi Lautan Berlian Kebon Jeruk modus membuatkan SPK agar memberikan uang booking. Kemudian karyawan dealer menerbitkan kontrak dan PO palsu untuk lanjut mengurus uang konsumen dengan alasan meminta pelunasan TDP," tulis Bebby."Lalu uang kita sebagai konsumen lenyap dan perusahaan tidak bertanggung jawab atas ulah karyawannya yang jelas terbukti menipu konsumen.
Bahkan sampai ada kerjasama dengan leasing untuk menerbitkan PO sementara dengan nominal TDP yang tiba-tiba naik tinggi," sambungnya.Bebby menilai, modus penipuan ini tidak lebih untuk menghilangkan uang booking dengan alasan pembatalan sepihak dari konsumen.
Baca Juga: Daihatsu Ayla Mau Ganti Oli Mesin, Harga Per Liternya Ada yang Rp80 Ribuan
"Korban lebih dari lima orang dan alat bukti serta berita acara lengkap semua," terangnya.Sementara dari pihak diler, membenarkan adanya kasus penipuan oleh oknum sales."Pada tanggal 19 Mei 2022 pagi ada customer datang mengatas namakan dirinya sebagai Bebby dan menanyakan unit L300 yang dijanjikan oleh sales Ali, serta memberikan informasi bahwa sudah melakukan pembayaran ke sales Ali (bukan ke rekening kantor) senilai Rp 11 juta," ujar Jati Sulistyowati, Manager Sales Passenger Car Dealer Mitsubishi Lautan Berlian Kebon Jeruk, Selasa (07/06/2022).Dijelaskan juga, setelah dilakukan pengecekan tidak ada informasi SPK untuk unit Mitsubishi L300 pesanan customer tersebut."Saat itu juga kami berkoordinasi dengan tim mencari keberadaan Sales (Ali), karena nomor HP sudah tidak aktif dan sudah tidak ada di kontrakan daerah Mangga Dua atau kabur," ucap Jati.Lebih lanjut, pihaknya langsung menginformasikan dan membantu untuk melakukan proses pemesanan ulang."Dari pihak leasing harus naik DP karena minim data dan sudah pernah reject (ditolak) oleh Dipo Finance. Tapi customer merasa tidak terima, seolah-olah kami mempersulit customer tersebut," jelasnyaKendati demikian, Jati mengungkapkan oknum sales tersebut sudah diamankan di Polsek Kebon Jeruk pada 27 Mei 2022 lalu.
Baca Juga: Setir Mobil Bergetar di 3 Kondisi Ini, Segera ke Bengkel Bestie
"Pada hari itu juga kami memberikan informasi ke customer yang merasa dirugikan dengan pelaku Ali untuk datang sebagai saksi, tapi customer tersebut Bebby tidak datang ke Polsek Kebon Jeruk," pungkasnya(*)
Artikel ini sudah tayang di Gridoto.com-Viral Konsumen Curhat Ketipu Oknum Sales di Dealer Resmi Mitsubishi, Begini Kronologinya