Toyota Fun/Code Menarik Perhatian Hampir 600 Tim, Ini 3 Tim Terbaik yang Jadi Juara

Selasa, 05 November 2019 | 20:03
Toyota

Tim Ga Chibi dengan aplikasi RETNO jadi yang terbaik di Toyota Fun/Code 2019.

Otofemale.id - Tiga tim terbaik, keluar jadi juara setelah melalui tahap Hackaton Day yang jadi puncak Toyota Fun/Code 2019 (2-3/11/2019).

Mereka yang jadi 3 terbaik di Toyota Fun/Code 2019 adalah Tim Ga Chibi (juara 1) dengan aplikasi RENTO.

Baca Juga: Disetujui Gantikan Tito Karnavian Jadi Kapolri, Komjen Pol Idham Aziz Hanya Punya 2 Mobil Toyota

Lalu ada runner up, Tim NL_Lone yang menghadirkan aplikasi DEFINO (Deaf Assistant of Toyota) dan terbaik ketiga Tim Focus AR dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

Para juara Toyota Fun/Code 2019 ini muncul dari total 70 tim yang dapat kesempatan melakukan proses coding selama 24 jam nonstop di tahap Hackaton Day.

Baca Juga: Toyota Spektakuler, Disediakan Banyak Promo Menguntungkan Beli Mobil Toyota di Akhir Tahun

"Pada final Toyota Fun/Code yang berlangsung selama 24 jam nonstop, para peserta diuji kemampuannya sebagai IT Developers handal dalam menghasilkan aplikasi sesuai ide tema yang mereka pilih.

Kami berharap aplikasi digital yang menjadi pemenang ini mampu terus berkembang secara berkelanjutan sebagai sebuah bisnis rintisan, dan mendukung Toyota dalam upaya makin meningkatkan pengalaman berkendara terbaik bagi masyarakat di Indonesia, serta dapat menjadi solusi dalam masalah otomotif, seperti keselamatan berkendara, mengurangi frekuensi kecelakaan, dan juga layanan kendaraan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

DIGERUDUK RATUSAN PESERTA

Toyota Fun/Code 2019 yang baru pertamakali digelar oleh PT Toyota Astra Motor terbilang sukses.

Itu terlihat dari jumlah peserta yang ikutan even kompetisi teknologi informasi atau information technology (IT) ini.

Target awalnya hanya 200 peserta, membeludak sampai hampir 4 kali lipat (775 peserta yang terbagi dalam 593 tim).

Baca Juga: Jadi Mobil Dinas Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ini Sosok Toyota Crown Hybrid

"Antusiasme para peserta mengikuti ajang kompetisi Toyota Fun/Code sangat tinggi.

Ini sekaligus memberi gambaran besarnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi masa depan.

Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan professional handal di bidang IT yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan," kata Anton Jimmi Suwandy.

Baca Juga: Toyota Lanjutkan Start Your Impossible, Ratusan Atlit Muda Berbakat Geruduk Program SATRIA di Jakarta

Setelah melalui seleksi dewan juri, dari 593 tim yang mengajukan ide proposal, sebagian besar memilih subtema ownership experience dengan komposisi 32%.

Selanjutnya ide education dengan 22%, value chain & trade in dengan 19%, eco driving dengan 18%, dan disability dengan 9%.

Dari ratusan tim yang mengajukan ide proposal, tim juri menilai ada 70 tim yang berhak maju ke Hackaton Day yang jadi final Toyota Fun/Code 2019.

Baca Juga: Ajak Guru dan Komunitas Ikut Perduli, Toyota Dapat Penghargaan CSR di Bidang Lingkungan

Di Hackaton Day, 70 tim yang masuk final disaring lagi untuk mendapatkan 8 tim dan berikan mereka kesempatan untuk melakukan presentasi dan demo aplikasi.

Penilaian dilakukan berdasarkan Kesiapan Aplikasi dengan bobot 20%, Fitur dan Kegunaan Aplikasi dengan bobot 20%, Masalah yang Bisa Diselesaikan dengan bobot 20%, Potensi Pengembangan dengan bobot 15%, Kemudahan Tampilan dan Kegunaan dengan bobot 15%, dan Kesesuaian dengan Tema dengan bobot 10%.

Baca Juga: Toyota Punya Even Baru, Toyota Fun/Code Tantangan Bagi Milenial Penggila Dunia IT Indonesia

Dewan Juri terdiri dari Budi Kusmiantoro yang merupakan CTO OVO, Alfred Boediman Managing Director Samsung Research Indonesia, Vikra Ijas Chief Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com, Herman Widjaja Senior VP Tokopedia, Hendro Riyadi VP Bukalapak, serta beberapa juri dari manajemen PT Toyota Astra Motor.

Selain kesiapan aplikasi, penetapan tim pemenang juga didasarkan atas kriteria kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi aplikasi, potensi pengembangan aplikasi, dan kemudahan dalam penggunaan yang didukung oleh tampilan aplikasi, serta kesesuaian aplikasi dengan tema.

TOYOTA FUN/CODE

Rangkaian Toyota Fun/Code telah berlangsung sejak Agustus 2019, dimulai dengan roadshow di tiga kota besar (Jakarta, Bandung dan Jogjakarta).

Tahap pendaftaran dimulai pada 8 Agustus 2019 secara online melalui website https://toyotafuncode.id.

Toyota Fun/Code merupakan salah satu wujud komitmen Toyota dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia di Indonesia yang tengah digalakan pemerintah untuk menghadapi tantangan industry 4.0.

Kegiatan ini juga bagian dari semangat Let’s Go Beyond, mendorong dan mengajak masyarakat mewujudkan harapan yang lebih tinggi di era industry 4.0, yang ditandai perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dengan berbagai tantangan gelombang disruptif yang mengikutinya.

Editor : Octa

Baca Lainnya