Tambah Pengetahuan, Apaan Sih Aki Basah dan Maintenance Free di Mobil?

Jumat, 12 Juni 2020 | 16:00
octa saputra/Otofemale.id

Ilustrasi aki mobil

Otofemale.id - Aki jadi part penting di mobil yang seyogyanya ladies ketahui.

Pasalnya aki yang adanya di balik kap mobil ini, miliki fungsi yang berkaitan dengan kelistrikan.

Baca Juga: Tambah Pengetahuan, Apaan Sih Gas Nitrogen untuk Isi Angin Ban Mobil?

Jadi Aki itu menyimpan dan menyalurkan listrik, saat ladies hendak menyalakan mesin mobil.

Atau juga menyuplai kebutuhan listrik, untuk perangkat-perangkat lainnya yang ada di dalam mobil.

Baca Juga: Biar Nggak Ngantri, Bisa Loh Lakukan Perpanjangan SIM Via Online

Pada dasarnya aki mobil itu punya dua tipe, yakni aki basah dan aki kering atau aki maintenance free (MF).

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, kalau aki kering kelebihannya enggak perlu melakukan perawatan rutin, sedangkan aki basah memiliki harga yang relatif murah.

Tapi kalau ditanya mana yang lebih awet, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, keawetan dari aki MF dan basah sebetulnya sangat relatif dari penggunaan dan perawatannya.

Baca Juga: Manfaat Banget Bagi Ladies, Ini Fitur yang Wajib Ada Saat Beli Mobil Baru

"Misalnya sama-sama tidak dirawat, maka aki basah akan lebih cepat rusak dibanding aki MF," kata Suparna.

Cairan aki pada aki basah dalam kurun waktu tertentu akan menguap dan perlu ditambah.

Baca Juga: Mobil Kecil Harga Nggak Sampai Rp 150 Juta, Siapa Paling Gampang Diajak Parkir

Jika tidak ditambah atau dirawat, aki basah lebih cepat drop dan rusak.

Sedangkan aki MF didesain tidak perlu penambahan air aki, maka lebih awet.

"Lain halnya jika aki basah dirawat dengan benar dan rutin.

Misal rajin servis berkala dan akan ditambah cairan akinya.

Jadi aki bekerja maksimal dan awet, bahkan bisa melebihi usia aki MF dengan asumsi pemakaian normal," ucap Suparna.

Baca Juga: Harga Rp 100 Jutaan, Ini Pilihan Mobil yang Bisa Ladies Dapatkan Ditengah Ekonomi yang Menurun

ALL ABOUT AKI

Selain jenisnya, ladies juga harus tahu umur pakai normal aki mobil.

Menurut salah satu pedagang aki di kawasan Pasar Minggu, Jaksel, umur pakai normal aki itu 1-2 tahun.

Angka umur pakai aki tersebut, berlaku untuk jenis aki basah maupun MF.

Bisa saja umur pakai aki nggak sampai 1-2 tahun, akibat dari beban kelistrikan yang berlebih.

Aki mulai bermasalah bisa diperhatikan dari beberapa hal.

diantaranya bunyi klakson yang nggak lagi nyaring, mesin susah distarter dan juga nyala lampu yang nggak seterang biasanya.Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, judul : Sebenarnya Mana yang Lebih Awet, Aki Basah atau Kering?

Editor : Octa

Baca Lainnya