Tarif Tol Jakarta ke Bandung Besok Naik, Nggak Lagi Rp 58 Ribu Check!

Jumat, 04 September 2020 | 22:46
Kompas.com

Tarif jalan tol Jakarta ke Bandung naik (ilustrasi)

Otofemale.ID - Biasanya tarif tol Jakarta-Bandung mobil pribadi via gerbang tol Pasteur, Rp 58.000.

Mulai besok tarif tol untuk mobil pribadi tersebut nggak berlaku lagi, tepatnya ada kenaikan.

Baca Juga: Selebgram Kekeyi Pamer Mobil Baru, Ternyata Ini Wujud si Putih

Tarif tol Jakarta-Bandung untuk mobil pribadi via gerbang tol Pasterur, mulai besok jadi Rp 61.000.

Yup bener banget ladies, ada kenainkan tarif tol Rp 3.000.

Baca Juga: Mobil Jarang Full Penumpang Tekanan Angin Jangan Ketinggian, Ini Alasannya

Adapun rinciannya adalah tol Jakarta-Cikampek Rp 15.000, Cipularang Rp 42.500, dan Padaleunyi Rp 3.500.

Otofemale.ID mengutip dari Kompas.com, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, penyesuaian ini sesuai dengan amanat pemerintah.

Dan itu melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 dan No. 1116/KPTS/M/2020.

MENGEMUDI AMAN DI TOL

Jalan tol itu rawan kecelakaan dan oleh karenanya, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan kasih tahu 4 cara berkendara yang aman.

Baca Juga: Mobil Murah Calya Muncul Bau Sangit Dalam Kabin, Ini Kata Toyota1. Menjaga kecepatan kendaraanBiasanya kondisi jalan tol lebih lancar dibandingkan jalanan biasa karena enggak ada halangan seperti perempatan, motor, bahkan lampu merah.Sehingga pengemudi merasa bebas untuk memacu kendaraan secepat mungkin karena enggak ada halangan seperti yang disebutkan diatas.

Baca Juga: Nissan Rilis Mobil Baru Nissan Kicks e-POWER, Bisa Ngecharge Baterai SendiriMeski begitu, jalan tol memiliki speed limit kendaraan yang mengharuskan ladies tetap harus menjaga kecepatan mobil demi keamanan bersama.Batas kecepatan di jalan tol yaitu maksimal 80 kilometer per jam dengan batas minimalnya 60 kilometer per jam.

2. Sesuaikan lajurEtikanya ketika memacu mobil di jalan tol adalah menggunakan lajur sesuai dengan kecepatan kendaraan atau peruntukannya.Soalnya, sering sekali ditemukan ada mobil yang menggunakan lajur kanan dengan kecepatan normal.Padahal lajur kanan diperuntukan buat mobil yang ingin mendahului kendaraan lain di depannya.

Baca Juga: Beli Mobil Baru Mitsubishi Xpander Cross, Biaya Perawatannya Hanya Rp 180 Ribuan Saja Per Bulan? Kalau ladies kendarai mobil dengan kecepatan normal, yang benar adalah gunakan lajur tengah atau kiri agar enggak mengganggu pengguna jalan lainnya.3. Jaga jarak amanBaik di jalanan biasa atau tol, ladies harus selalu menjaga jarak aman pada kendaraan lain ya.Kendarai mobil dengan selalu menjaga jarak aman bisa meminimalisir atau membantu ladies terhindar dari kecelakaan beruntun.

Jarak aman dari mobil lain yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan perhitungan waktu detik, yaitu minimal tiga detik.Dengan menggunakan perhitungan waktu detik, jika ada potensi kecelakaan maka ladies bisa melakukan gerakan reflek untuk menghindarinya dalam waktu tiga detik itu.4. Gunakan bahu jalan dalam kondisi daruratLucunya orang Indonesia adalah suka menggunakan bahu jalan jika keadaan jalanan sedang macet agar bisa lebih cepat sampai tujuan.Padahal bahu jalan memiliki fungsi hanya untuk dilalui kendaraan yang mengalami kondisi darurat.Contohnya seperti ambulans, mobil pemadam kebakaran, hingga untuk mobil yang mengalami mogok di jalan.Jadi sebaiknya jangan gunakan bahu jalan jika lagi enggak dalam kondisi gawat darurat, karena akan merugikan diri sendiri seperti mengalami tilang kalau ladies lagi kurang beruntung.

Editor : Octa

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya