Care N' Cheers : Anti Rugi Mobil Baru Pakai Pertamax, Ini Alasannya

Senin, 16 November 2020 | 16:15
Istimewa

Ilustrasi pengisian BBM jenis Pertamax

Otofemale.ID - Mobil baru, masih banyak yang mengonsumsi bahan bakar jenis Pertalite bahkan Premium.

Padahal seharusnya, mobil baru itu bahan bakarnya bensin jenis Pertamax.

Baca Juga: Mobil Rusak Tertimpa Pohon Bisa Dapat Santunan Rp 25 Juta, Begini Cara Klaimnya

Penggunaan Pertalite atau Premium pada mobil baru, alasannya nggak lain karena harga.

Seperti diketahui, di Jakarta harga Pertalite Rp 7.650, Premium Rp 6.450 dan sedangkan Pertamax Rp 9.000.

Baca Juga: Ritual Panasin Mesin Mobil Disenangi Bocah, Ladies Wajib Waspada Ada Bahaya Mengancam

Harga yang dianggap lebih ekonomis dari Pertamax, memang nggak bisa pungkiri.

Namun manfaat yang didapat mobil saat pakai Pertalite atau Premium, akan berbeda jikalau dibanding Pertamax.

Selain itu, juga ada alasan teknis kenapa mobil baru seharusnya mengonsumsi Pertamax.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bila mobil lansiran tahun 2000 ke atas, rata-rata memiliki kompresi yang tinggi, sebab itu dibutuhkan juga BBM yang memiliki oktan tinggi.

Baca Juga: Teman Lagi Galau Jangan Biarkan Kendarai Mobil Sendiri, Pakar Kasih Penjelasan

"Jadi gini, mobil baru dengan mesin-mesin kompresi yang rata-rata saat ini sudah 11 dan lainnya, sudah pasti dibutuhkan oktan tinggi untuk mengimbanginya," ucap Bambang (15/11/2020).

"Kenapa, karena semakin tinggi oktan semakin panjang pembakarannya, titik apinya juga makin tinggi yang membuat pembakaran lebih sempurna," lanjutnya.

Baca Juga: Apakah Hujan Bisa Merusak Cat Mobil? Begini Cara Merawat Mobil yang Digunakan untuk Berkendara Saat Hujan

Pertamax miliki nilai oktan 92, Pertalite 90 dan Premium 88.

Menurut Bambang, bila mobil dengan kompresi tinggi dijejali dengan BBM jenis Premium, dampaknya sudah pasti sebaliknya. Pembakaran tidak akan optimal dan menimbulkan knocking alias ngelitik.

Akumulasi dari semua efek yang terjadi tersebut, akan berimbas pada performa mesin mobil baru dengan kompresi tinggi yang loyo alias tak bertenaga.

Dampak dari tarikan berat, pedal gas pun akan sering dinjak lebih dalam yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Ini Alasan Kenapa Konsumsi BBM Mobil Baru yang Pakai Premium Jadi Boros

Tag

Editor : Octa