Wajib Tahu Kalau Motor Matik Susah Hidup di Pagi Hari, Part Ini Segera Ganti

Kamis, 29 Juli 2021 | 21:17
Erwan/ Motor Plus

Mesin motor susah dinyalakan pada pagi hari (ilustrasi)

Otofemale.ID - Mulai besok pagi, coba diperhatikan kondisi motor matik yang setiap hari dipakai.

Apakah mesinnya jadi susah hidup, saat pertama kali dinyalakan?

Susah hidup ya, bukan mesinnya nggak bisa dihidupkan sama sekali.

Baca Juga: Baju Juga Hijab Warna Ini Jangan Dipakai Saat Bikin SIM Baru, Bisa Disuruh Pulang Loh

Kalau memang motor matik kamu alami kondisi seperti diatas, maka ada part yang mulai bermasalah.

Part yang dimaksud mulai bemasalah adalah busi.

Secara teori, busi itu miliki fungsi mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Tanpa percikan api dari busi nggak terjadi pembakaran dalam mesin motor dan membuatnya nggak hidup.

Selain mesin motor susah nyal di pagi hari, busi bermasalah juga ditandai dari beberapa hal ini.

1. Susah LangsamMesin motor susah langsam, karena percikan api enggak maksimal akibat ground dan elektroda sudah tertutup kotoran.

Baca Juga: SIM Motor Kedaluwarsa Selama PPKM Jangan Perpanjang Dulu, Ini Alasannya3. Akselerasi Motor MenurunPemicu dari kondisi seperti ini adalah percikan api busi yang nggak stabil (missfire).

Dan itu membuat pembakaran di ruang mesin nggak sempurna.

Penyebabnya celah antara elektroda dan groudnya, sudah nggak sesuai standar.

Baca Juga: Sering Nggak Dianggap, Kerikil Nempel di Ban Motor Bisa Picu Bahaya

Misalnya yang tadinya celah 0,9 mm karena lama nggak diganti naik 1,1 mm.

4. Boros Bahan Bakar

Gejala missfire yang ditimbulkan akibat busi mau mati mempengaruhi konsumsi bahan bakar motor kamu(*)

Editor : Octa

Sumber : Motorplus-online.com

Baca Lainnya