Nopol Mobil Berkode RFS Kalau Ada Sosok ini Jadi Istimewa, Sendiri Owh Maaf Ya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:10
KOMPAS.com/Ihsanuddin

Nopol mobil berkode RFS

Otofemale.ID - Penting banget diketahui oleh pengguna jalan di seluruh Indoneisa.

Juga bagi pemilik mobil dengan nopol yang huruf belakangnya RFS.

Bahwasannya hak istimewa yang diberikan pada mobil nopolnya pakai kode RFS, ada syaratnya dan tidak bisa berlaku sembarangan.

Baca Juga: Kendaraan yang Melanggar Aturan Uji Emisi Auto Tilang, Mulai Bulan Depan Gaes

Hal tersebut seperti ditegaskan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, untuk kendaraan yang memiliki hak istimewa ada syaratnya, tidak sembarang," tegasnya dikutip dari Kompas.com.

Salah satu syarat berlakunya hak istimewa mobil bernopol RFS, diungkapkan oleh Kombes Sambodo adalah adanya pengawalan dari polisi.

Sementara itu di UU No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ pasal 135, dituliskan sebagai berikut :

(1) Kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirine.

(2) Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan pengamanan jika mengetahui adanya pengguna jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Baca Juga: Direncanakan Berlaku untuk Semua Moda Transportasi, Segini Harga Terbaru Tes PCR

RFS RACHEL VENYA

Geger Toyota Alphard milik Rachel Venya menggunakan nopol dengan huruf belakang RFS.Seperti yang sudah banyak tahu, nopol mobil dengan huruf belakang RFS itu dipakai untuk pejabat negara.Nah sedangkan, Rachel Venya terkenalnya sebagai salah satu selebgram Indonesia.

Apa nopol RFS rachle Venya palsu?Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memastikan nopol yang nempel di Toyota Alphard milik Rachel Venya, asli.

Baca Juga: Hujan Deras, Mending Banget Hindari 4 Lokasi Parkir Mobil Seperti IniNamun nopol pada Toyota Alphard tersebut bukan bukan yang biasanya dipakai untuk pejabat negara.Itu dikarenakan nopol mobil milik Rachel Venya menggunakan 3 angka dan sedangkan yang khusus pejabat, pakai 4 angka."Jadi kalau dari data base ranmor yang ada di kita B 139 RFS itu memang betul punya Rachel Venya.Itu bukan nomor khusus itu nomor biasa karena tiga angka," ucap Kombes Sambodo(*)

Editor : Octa Saputra

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya