Follow Us

Geger Pretelan Harley Davidson Lawas Naik Pesawat, Menteri BUMN Pecat Dirut Garuda

Octa - Kamis, 05 Desember 2019 | 21:36
Harley-Davidson yang diselundupkan dalam pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO.
GridOto.com

Harley-Davidson yang diselundupkan dalam pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO.

Otofemale.id - Pretelan Harley Davidson lawas keluaran 1972, bikin geger pemberitan nasional.

Bagaimana nggak bikin geger, gegara pretelan Harley Davidson model Shovelhead V-Twin itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bakal memberhentikan Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara.

"Dengan itu, saya akan memberhentikan Saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini kami, karena Garuda adalah perusahaan publik, akan ada prosedur lainnya," ujar Erick Thohir yang dilansir Otofemale.id dari Kompas.com.

Kok bisa sampai segitunya?

Berita yang beredar sebelumnya adalah adanya penyelundupan pretelan Harley-Davidson di pesawat Airbus A330-900 NEO milik maskapai Garuda Indonesia (17/11/2019).

Kronologi penyelundupannya sendiri, seperti yang diungkapkan oleh Menkeu Sri Mulyadi pada saat konferensi pers (5/12/2019).

"Petugas bea dan cukai melakukan pemeriksaan pada lambung pesawat, di mana ditemukan beberapa koper bagasi penumpang dan 18 box warna coklat yg keseluruhannya memiliki klaim tag sebagai bagasi penumpang.

Keseluruhan bagasi itu diperiksa, pemilik koper tidak menyerahkan custom declaration dan juga tidak menyampaikan keterangan lisan.

Jadi waktu diperiksa mereka tidak menyerahkan deklarasi kartu bea cukai itu dan juga tidak menyampaikan keterangan lisan bahwa mereka memiliki barang-barang ini," tutur Sri Mulyani.

Motor Harley-Davidson Shovelhead ya g menjadi barang bukti penyelundupan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.
Pradana/GridOto.com.

Motor Harley-Davidson Shovelhead ya g menjadi barang bukti penyelundupan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Dari 18 box tersebut, 15 diantaranya merupakan motor cruiser Harley-Davidson Shovelhead V-Twin tahun 70-an bekas yang dipretelin dan memiliki claim tag atas nama SAS.

Source : Kompas.com, GridOto.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest