Follow Us

Siapa yang Masih Pakai Cara Ini untuk Mematikan Motor? Hati-hati Aki Bisa Jadi Cepat Soak Lho Ladies!

Rachel Anastasia Agustina - Minggu, 19 Januari 2020 | 17:41
Ilustrasi motor.
Freepik/d3Images

Ilustrasi motor.

Otofemale.id - Siapa sangka ternyata cara mematikan motor yang satu ini bisa memberikan dampak buruk untuk motor.

Ladies pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan motor yang bisa mati hanya dengan memposisikan standar dalam keadaan siap?

Itu karena ada fitur side stand switch, sehingga ketika pada posisi itu motor akan mati dengan sendirinya.

Baca Juga: Demi Beli Rumah di London untuk Rafathar, Nagita Slavina Minta Raffi Ahmad Jual Lamborghini-nya, Begini Respon Sang Suami!

Namun siapa sangka justru ternyata fitur yang dianggap memberi kemanan lebih itu juga memberi dampak negatif kalau penggunaannya tak tepat.

Sebab terkadang fitur yang satu ini juga bisa membuat lampu motor dan juga aki cepat soak.

Melansir dari GridOto.com, inilah dampak negatifnya yang dipaparkan oleh ahlinya langsung.

"Saat mesin dimatikan pakai standar samping, lampu dan panel instrumen yang ada tetap hidup dapat menyedot arus listrik," ujar Ahmad Matin, Kepala mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Dalam jangka pendek, memang cara mematikan motor tersebut tidak berpengaruh banyak.Namun jangka panjangnya dapat memperpendek usia aki dan sistem pengisian daya di motor."Ketika mesin mati, perangkat kelistrikan akan menyedot arus langsung dari aki karena tidak ada proses pengisian yang berlangsung," terangnya.

Fitur yang cukup mudah ini akhirnya sering digunakan oleh pengendara motor sebab hanya buka standar samping, mesin motor akan mati dengan sendirinya.

Baca Juga: Mobil Mewah Mercedez-Benz Ello Dijadikan Barang Bukti Investasi Bodong MeMiles, Kuasa Hukum: Kalau Ada Pengertian, Bisa Dipakai Dulu kan?"Fitur side stand switch gunanya untuk mencegah motor jalan saat standar aktif, bukan untuk mematikan mesin," jelas Ahmad.

Source : GridOto.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest