Follow Us

Suzuki Ignis Disebut Sebagai Mobil Urban SUV, Apaan Sih Maksudnya?

Kartika Afriyani - Rabu, 29 April 2020 | 22:15
Suzuki Ignis facelift untuk pasar Indonesia
Istimewa

Suzuki Ignis facelift untuk pasar Indonesia

Otofemale.id - Baru-baru ini, PT Suzuki Indomobil Sales merilis versi facelift dari Suzuki Ignis.

Nah produk Suzuki yang satu ini, disebut sebagai mobil urban SUV.

Baca Juga: Bikin Carport Untuk 1 Mobil 1 Motor, Ini Ukuran Idealnya

Secara definisi, mobil berjenis SUV merupakan mobil yang angguh dan nggak nolak diajak melintasi segala jenis medan.

Ciri khasnya memiliki tampang yang tangguh dengan performa mesin yang cukup tinggi.

Baca Juga: Ngabuburit di Rumah Aja, Lebih Tahu Jenis Mobil yang Beredar di Indonesia

Selain itu, mobil jenis SUV miliki ground clearance atau jarak bodi mobil ke tanah yang cukup tinggi.

Lalu kalau maksud dari urban SUV?.

Buat ladies yang enggak ngikutin tren otomotif pasti masih asing dengan jenis mobil tersebut.Padahal jenis mobil ini cocok untuk ladies yang ingin memiliki mobil berpenampilan gagah namun dalam ukuran mobil yang kecil.

Baca Juga: Raffi Ahmad Sebut Karyawannya Sudah Bisa Beli Mobil Sendiri Secara Tunai, Gading Marten: 'Masih Buka Lowongan Enggak?'Mengingat jalanan di kota besar sudah semakin padat sehingga dibutuhkannya mobil yang ramping untuk perjalanan yang lebih lancar.Terinspirasi dari Sport Utility Vehicle (SUV), urban SUV merupakan campuran dari karakter off road SUV yang dibangun pada bodi city car.

Baca Juga: Ngabuburit Di rumah Aja, Mobil Jarang Pakai Segini Loh Seharusnya Tekanan Angin BannyaMeski namanya Urban SUV, namun kemampuan mesinnya masih sama dengan city car.Yang membuatnya menjadi urban SUV adalah dimensi mobilnya yang gagah, suspensi yang nyaman di segala medan, serta memiliki ban yang besar layaknya mobil SUV.

Otofemale.id melansir Gridoto.com, berikut kelebihan urban SUV untuk mobil jaman now yang enggak dimiliki oleh city car.1. Nyaman dan mudah bermanuver di segala medanUrban SUV merupakan tipe mobil anyar yang muncul lebih kurang tiga tahun lalu. Mengutip dari Kompas.com, Yannes Martinus Pasaribu, pemerhati desain otomotif dari Institut Teknologi Bandung mengatakan urban SUV berada di antara crossover dan SUV.Dimensinya lebih kompak layaknya city car, tetapi mengadopsi beberapa karakter SUV seperti roda yang besar dan suspensi yang nyaman untuk segala medan. Bisa dikatakan city car yang dibangun dengan karakter off-road.

Baca Juga: Ada Mobil yang Boleh Mudik, Kakorlantas Polri Ungkap SyaratnyaAdopsi karakter SUV inilah yang membuat urban SUV lebih nyaman ketika dibawa bermanuver di segala medan. 2. Irit Bahan BakarMobil berjenis urban SUV didesain secara aerodinamis sehingga mobil dapat melaju secara konstan. Tidak hanya itu urban SUV menggunakan mesin kompak agar konsumsi bahan bakar jauh lebih irit dan efisien.Meskipun begitu mobil urban SUV tetap memiliki tenaga yang mumpuni khususnya saat bermanuver di tengah perkotaan yang padat.

3. Ground clearance lebih tinggiSaat ini usai hujan dengan intensitas sedang dan tinggi, genangan begitu cepat muncul di jalan-jalan ibu kota. Menerobos genangan air membawa risiko pada mobil yang kita kendarai.Salah satunya adalah water hammar. Kondisi di mana air masuk ke dalam mesin, khususnya di ruang bakar. Jika ini terjadi mesin dapat mengalami kerusakan.Jika dibandingkan city car, urban SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi sehingga risiko tersebut dapat dihindari.

Source : GridOto.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest