Follow Us

SIM Terbaru Tanggal Kadaluarsanya Berubah, Nggak Pakai Tanggal Lahir Lagi Loh

Kartika Afriyani - Kamis, 27 Agustus 2020 | 11:42
Tampilan SIM A baru (Ilustrasi)
Kompas.com

Tampilan SIM A baru (Ilustrasi)

Otofemale.id - Surat izin mengemudi (SIM) baik untuk mobil atau motor, sekarang sudah memiliki aturan baru.

Kalau tahun sebelum-sebelumnya masa berlaku SIM dilihat dari tanggal lahir, kini aturan tersebut sudah enggak berlaku lagi.

Baca Juga: Beli Mobil Baru Ala Bank Mandiri, Isi Dompet Anti KendorTahun ini dan sampai seterusnya, masa berlaku SIM dilihat dari tanggal dibuatnya kartu.Yang berubah hanya tanggalnya saja ya ladies, untuk masa berlaku tahunnya masih tetap 5 tahun.

Baca Juga: Cewek Pakai Honda Brio Tabrak Pejalan Kaki di Karawaci Lalu Aniaya Istri Korban, Begini Nasibnya Saat Sidang Contohnya ladies perpanjang atau bikin SIM baru di tanggal 26 Agustus 2020, maka masa berlaku kartu sampai 26 Agustus 2025.Kalau misal ladies berulang tahun tanggal 31 Agustus, perpanjangan SIM tetap harus dilakukan sebelum tanggal 26 Agustus.

Kalau lewat dari tanggal 26 Agustus atau tanggal dicetaknya SIM, yang ada ladies bakal diminta untuk bikin SIM baru dan mengikuti tes lagi.Selain harus mengBaca Juga: Imbas Proyek MRT Jakarta Tahap 2, Kadishub Himbau Hondari Jalan Medan Merdeka SelatanSudah begitu, biaya bikin SIM baru juga lebih mahal dibandingkan perpanjangan.Untuk biaya bikin SIM A baru ladies harus mengeluarkan uang sekitar Rp 120 ribu, padahal kalau perpanjang ladies hanya perlu membayar Rp 80 ribu saja.

Baca Juga: Mitsubishi Siapkan Paket Merdeka Campaign Plus-Plus, Khusus Untuk IOOF 2020Lalu SIM C, biaya bikin barunya sekitar Rp 100 ribu sedangkan perpanjangnya cuma Rp 75 ribu.Jadi daripada dirugikan berkali-kali cuma karena lupa masa berlaku perpanjang SIM, lebih baik selalu dicek kembali kapan waktu kadaluarsa kartu.

Karena sudah enggak sesuai dengan tanggal lahir, ladies bisa berpatokan pada tahun kadaluarsanya saja agar lebih mudah diingat.Nah kalau kartu SIM masih bentuk lama yang di dominasi warna biru dan putih, ladies bisa melihat tanggal dibuatnya kartu tepat dibawah tanggal berlaku SIM.Sedangkan untuk pemilik kartu SIM yang baru ladies bisa lihat masa berlaku kartu di pojok bawah kanan yang ada foto wajah ladies warna hitam-putih.

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest