Follow Us

Care N' Cheers : Motor Matik Aman Terjang Banjir, Ingat Segini Batasnya

Octa - Senin, 08 Februari 2021 | 12:48
Kendarai skutik terjang banjir (ilustrasi).
Gridoto.com

Kendarai skutik terjang banjir (ilustrasi).

Otofemale.ID - Banjir melanda beberapa ruas jalan di Jakarta, akibat hujan yang terjadi pada minggu sampai senin tengah malam.

Dari Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat sampai Jakarta Selatan, beberapa ruas jalannya tergenang air.

Baca Juga: Awas Banjir Menutupi Beberapa Ruas Jalan di Jakarta, Ini Daftarnya

Ladies yang hari ini terpaksa berkegiatan di luar rumah pakai motor matik, wajib waspada banjir.

Terutama waspada pada seberapa ketinggian air yang genangi ruas jalan yang hendak dilewati.

Baca Juga: Masih Doyan Terobos Jalur TransJakarta, Polisi Pasang Kamera Tilang Elektronik di 10 Koridor

Sesungguhnya sangat tidak disarankan, ladies kendarai motor matik untuk menerjang banjir.Apalagi yang ketinggian genangan airnya mencapai lebih dari 30cm.

Alasannya sudah pasti, menerjang genangan air yang cukup tinggi miliki resiko besar mesin motor tiba-tiba mati. Sampai kejadian motor mogok saat coba terjang banjir, bisa bikin tekor bandar.Pasalnya kondisi seperti itu, kerusakannya terjadi di dalam mesin.

Baca Juga: Honda PCX 160 Resmi Dirilis, Harga OTR Jakarta Start Rp 30 JutaanItulah mengapa menerobos banjir di jalan ketika kendarai motor adalah hal yang enggak disarankan.Tapi ada beberapa kasus yang membuat ladies terpaksa harus menerjang air yang menggenang.Menghadapi kondisi yang tidak menguntungkan harus menerobos banjir, maka ladies wajib tahu beberapa hal ini.

Bahwa batas aman untuk menerjang banjir pada motor skutik adalah tinggi air jangan sampai melebihi bagian dek.Itu dikarenakan posisi filter udara skutik yang ada di bawah dan jadi rawan kalau menerobos banjir.Nggak usah ngebut, tapi ladies juga harus memastikan putaran mesin stabil.

Baca Juga: Colongan Ngegas Motor di Trotoar, Kakorlantas Polri : Jangan Marasa Jalanan Milik Kita SendiriPENYEBAB MOGOK AKIBAT BANJIRAda 3 penyebab utama yang membuat mesin motor mogok saat terjang banjir.Filter udara yang kemasukan air, membuat ruang bakar nggak dapat suplai udara yang dibutuhkan untuk proses pembakaran.Air yang masuk membasahi busi, membuat perangkat tersebut nggak keluarkan percikan api.

Padahal mesin motor saat lakukan proses pembakaran, butuh percikan api dari busi.Air yang masuk ke dalam lubang kenalpot, juga bisa bikin mesin motor koit.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest