Follow Us

Jakarta Diperkirakan Hujan Siang Ini, Begini Cara Aman Kendarai Motor

Octa - Selasa, 23 Februari 2021 | 10:17
Tips aman berkendara saat hujan
Istimewa

Tips aman berkendara saat hujan

Otofemale.ID - Hujan diperkirakan masih akan mengguyur beberapa wilayah di Jakarta hari ini, Selasa (2/23/2021).

Info dari BMKG, siang ini wilayah Jakarta Selatan diperkirakan terjadi hujan disertai petir.

Baca Juga: Motoran Wajib Pakai Masker, Begini Kata Dokter Supaya Nggak Jerawatan

Sementara di Jakarta Barat dan juga Jakarta Pusat, hujan akan mengguyur dalam skala ringan.

Hati-hati buat yang hendak berkendara dengan motor di Jakarta Timur.

Baca Juga: Motor Sempat Terendam Banjir, Lakukan Ini Sebelum Dibawa ke Bengkel

Disana prakiraan cuaca dari BMKG menyebutkan akan terjadi hujan berskala sedang.Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu, hanya berawan saja.

Menyikapi hujan yang diperkirakan akan mengguyur Jakarta siang ini, berikut tips aman berkendara dengan motor dari Yamaha.

1. Jaga jarak amanBerkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang.2. Selalu WaspadaBerusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

Baca Juga: Tanda Aki Motor Matik Injeksi Mulai Soak, Siap-Siap Ganti Baru3. Mengatur Penggunaan RemLakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang.Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

Baca Juga: Colongan Ngegas Motor di Trotoar, Kakorlantas Polri : Jangan Marasa Jalanan Milik Kita Sendiri4. Gunakan Safety Gear Yang Tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)Baca Juga: Motor Matik Yamaha GEAR 125 Ladies Wajib Tahu 5 Hal Ini, Awas Kepincut!- Jas hujan model setelan (atasan dan bawahan)

- Helm dengan visor bening- Gunakan sepatu anti air / karet- Gunakan sarung tangan

Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan Jangan Lakukan 2 Hal Ini, Berikut Prakiraan Cuaca Jakarta5. Terjaga Motornya, Aman OrangnyaSalah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik.Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut :- Kondisi rem yang pakem.- Kembangan ban yang bagus / tidak gundul.- Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.- Electrical / lampu berfungsi baik.- Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.- Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest