Follow Us

Manasin Mesin Mobil Matik Nggak Bisa Ngasal, Tuas Transmisinya Itu Loh

Octa - Senin, 05 April 2021 | 23:00
Tuas transmisi matik di posisi P saat manasin mesin (Ilustrasi)
Naijauto.com

Tuas transmisi matik di posisi P saat manasin mesin (Ilustrasi)

Otofemale.ID - Manasin mesin mobil secara berkala, jadi kewajiban yang sedang WFH.

Jangan sampai gegera nggak manasin mesin, mobil yang kebanyakan dianggurin jadi timbul masalah.

Untuk mobil yang bertransmisi manual, tata cara manasin mesin mobilnya tentu memastikan posisi tuas persneling.

Baca Juga: Kaki Penumpang 'Nangkring' di Dasbor Mobil, Bisa Picu Gegar Otak?

Pastikan tuas perneling mobil manual dalam kondisi netral sebelum menyalakan mesin.

Itu kalau mobil kamu transmisinya manual loh ya.

Beda tata cara, kalau mobil yang dimiliki bertransmisi matik.

Sebelum menyalakan mesin, tuas transmisinya jangan ditaruh pada huruf N alias Netral.

Sangat disarankan, posisi tuas transmisni adad di P kalau mau manasin mesin mobil matik.

Lah kok gitu ya?

Baca Juga: Mobil Jadi Boros Bensin Gegara 3 Hal Ini, Nomor 2 Cewek Banget Deh!

Saat posisi tuas transmisi di P mobil nggak akan bisa digerakkan bahkan didorong maju-mundur.

"Karena mekanikal girboks akan terkunci saat posisi tuas di P, mobil tetap diam," papar Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic dikutip dari GridOto.com.

Masih paparan dari Hermas, di N mobil masih bisa didorong atau begerak kecuali pakai rem parkir.

Kesimpulannya tentu kalau tuas transmisi diposisikan P saat manasin mesin, mobil lebih aman terkendali.

KENDARAI MOBIL MATIK

Ada 2 hal yang dasar banget dan harus diketahui newbie, saat kendarai mobil matik.

1. Cara memindahkan tuas trasmisi

Saat ingin memindahkan gigi transmisi mobil matik sebaiknya jangan dilakukan secara cepat.

Baca Juga: Jamur di Kaca Mobil Bikin Masalah Kalau Dicuekin, Ini Buktinya

Contohnya saat hendak parkir, mobil hendak maju ataupun mundur sebaiknya menunggu mobil benar-benar berhenti baru memindahkan tuas transmisi.

Soalnya kalau mobil masih dalam keadaan bergerak tapi tuas transmisi sudah dipindahkan, maka komponen persneling bisa rusak.

2. Terburu-buru berakselerasi

Mobil matik jangan langsung dibawa ngebut, bikin usia komponen transmisi lebih pendek.

Saat baru tuas transmisi baru digeser, jangan langsung berakselerasi.

Masih perlu sedikit waktu agar presisi.(*)

Source : Kompas.com, GridOto.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest