Follow Us

Kendarai Motor Matik Sambil Bawa Barang, Ini Tips Aman dari Yamaha

Octa - Jumat, 09 Juli 2021 | 21:51
Membawa barang menggunakan sepeda motor gak boleh asal, agar tetap aman dan nyaman
Yamaha

Membawa barang menggunakan sepeda motor gak boleh asal, agar tetap aman dan nyaman

Otofemale.ID - Sembarangan bawa barang di motor matik, bisa picu malapetaka.

Soalnya dengan penempatan yang sembarangan atau malah maksain, bisa bikin kacau saat bermanuver.

Nah yang seperti itu tuh yang malah bikin nggak aman saat berkendara.

Baca Juga: Isi Bensin Motor Matik Injeksi Jangan Tunggu Sampai Tangki Kosong, Ini Alasannya

Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mewanti saat harus bawa barang yang melebihi kapasitas bagasi motor matik.

"Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain," wantinya.

Untuk aman berkendara saat harus bawa barang dengan motor matik, maka perhatikan tips dari tim Yamaha Riding Academy ini.

1. Penempatan barangJika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah dalam peletakan.Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.2. Mengikat barangSiapkan tali pengikat yang lentur dan disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser.

Baca Juga: Helm Open atau Full Face, Pilih yang Mana Buat Penggunaan HarianSebab barang yang bergeser saat berkendara dapat mengganggu keseimbangan.3. Perhatikan dimensi barangDisarakan dimensi barang nggak melebihi lebar dari setang motor dan tinggi pengendara, agar nggak mengganggu keseimbangan serta manuver.4. Pastikan tidak ada lampu tertutupi barang.Saat membawa banyak barang, pastikan juga panjang barang bawaan nggak melebihi atau menutupi lampu belakang agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.

5. Letakan barang di depanUntuk motor matik, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh di bawah jok atau di sisi kaki depan pengendara.Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara.

Baca Juga: Panik Nggak! Polda Metro Jaya 'Tongkrongin' Jalur Tikus, Selama PPKM Darurat Jakarta6. Pakai tas yang nyamanJika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman agar nggak mengganggu fleksibilitas pengendara.7. Perhatikan berat barang bawaanHindari membawa barang yang berat bersama penumpang, hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload)8. Tidak membawa barang sekaligusJika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali.Kalau nggak memungkinkan juga, lebih baik gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest