Otofemale.ID - Mulai besok pagi, coba diperhatikan kondisi motor matik yang setiap hari dipakai.
Apakah mesinnya jadi susah hidup, saat pertama kali dinyalakan?
Susah hidup ya, bukan mesinnya nggak bisa dihidupkan sama sekali.
Baca Juga: Baju Juga Hijab Warna Ini Jangan Dipakai Saat Bikin SIM Baru, Bisa Disuruh Pulang Loh
Kalau memang motor matik kamu alami kondisi seperti diatas, maka ada part yang mulai bermasalah.
Part yang dimaksud mulai bemasalah adalah busi.
Secara teori, busi itu miliki fungsi mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.
Tanpa percikan api dari busi nggak terjadi pembakaran dalam mesin motor dan membuatnya nggak hidup.
Selain mesin motor susah nyal di pagi hari, busi bermasalah juga ditandai dari beberapa hal ini.
1. Susah LangsamMesin motor susah langsam, karena percikan api enggak maksimal akibat ground dan elektroda sudah tertutup kotoran.
Baca Juga: SIM Motor Kedaluwarsa Selama PPKM Jangan Perpanjang Dulu, Ini Alasannya3. Akselerasi Motor MenurunPemicu dari kondisi seperti ini adalah percikan api busi yang nggak stabil (missfire).