Follow Us

Bodi Mobil 'Ketempelan' Aspal, Lakukan Ini Biar Nggak Ganggu Pemandangan

Octa Saputra - Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:10
Noda aspal menempel di bodi mobil
detailking.com

Noda aspal menempel di bodi mobil

Otofemale.ID - Aspal jadi salah yang sering terlihat nempel di area bumper atau spakbor mobil.

Kecil sih, namun kalau bodi mobil ketempelan aspal bisa merusak pemandangan.

Baca Juga: Ganjil Genap Jakarta Nggak Pakai Sanksi Putar Balik Lagi, Langsung Tilang Bosq!

Sekali lagi kecil sih, tapi kalau cara bersihinnya salah malah berabe.

Bodi mobil malah bisa jadi ada baret kalau sampai salah treatment bersihkan noda aspal.

Baca Juga: Harga Mobil Baru Mulai Besok Naik, Honda Brio Matik Bisa Mulai Rp 200 Jutaan

Ada yang bilang bersihkan noda aspal dari bodi mobil bisa menggunakan bensin atau minyak tanah, hingga minyak kayu putih.

Bagi pakar detailing, sebaiknya jangan pakai cairan-cairan tersebut untuk bersihkan noda aspal.

Alasannya penggunaan cairan tersebut malah bisa membuat cat mobil lama-kelamaan jadi kusam.

Untuk membersihkan atau mengangkat noda aspal atau beton, ini bisa menggunakan clay."Memang noda aspal atau cipratan semen yang menempel, menjadikan permukaan bodi jadi kasar.Di sinilah salah satu fungsi clay, berperan untuk membersihkan segala kotoran itu," buka Daniel, dari ShowCar Garage di bilangan Meruya, Jakarta Barat.

Baca Juga: Beli Mobil SUV Toyota Raize Disini Dijamin Bisa Langsung Pakai, Barang Masih AngetJika diibaratkan, clay seperti pembersih wajah yang mengangkat segala jenis kotoran pada wajah."Sifat clay adalah untuk scrubbing.Untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, kerikil dan noda lainnya pada permukaan bodi," ungkap Yongli selaku Product Specialist Profesional & Sonax service PT. Mega Auto Prima.

Untuk penggunaan, sebaiknya clay dalam kondisi bersih dan basah.Lalu, siramkan air yang sudah bercampur shampoo cuci mobil ke body yang terkena cipratan aspal atau semen, serta basahkan juga clay-nya pakai air tersebut.Kemudian usapkan secara vertikal atau horizontal pada permukaan body yang kotor, jangan memutar!

Baca Juga: Renault Kiger Ada Harga Khusus Sampai September 2021, Berapa Banderol Toyota Raize?Lakukan secara perlahan ke permukaan yang kena kotoran tadi.Selain menggunakan clay, Anda juga bisa manfaatkan beberapa pembersih khusus berbahan kimia.Seperti Tar & Bug Remover keluaran Astonish, Meguiars, Turtle Wax dan sebagainya. Untuk pembersih kimia ini, Anda tinggal semprotkan ke atas noda di bodi, diamkan sebentar untuk melarutkan dan melembekkan aspal atau cipratan semen tadi.

Kemudian seka perlahan dengan kain bersih atau lap microfiber untuk hasil maksimal.Untuk noda yang sudah membandel atau didiamkan lama, mungkin proses ini akan butuh beberapa kali pengerjaan(*)Artikel ini sudah tayang di Jip.co.id-Cara Gampang Bersihkan Noda Aspal Atau Semen Tanpa Bikin Bodi Baret

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest