Follow Us

Jalan Tol Bisa Bikin Supir Mobil Alami Microsleep, Apa Iya Seperti Itu

Octa Saputra - Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:28
Microsleep hantui supir mobil di jalan tol
Otofemale.ID/octa saputra

Microsleep hantui supir mobil di jalan tol

Otofemale.ID - Hampir di seluruh wilayah Indonesia, sudah memiliki jalan tol.

Dengan adanya jalan tol, perjalanan jadi lebih mudak dan nggak makan waktu lama.

Baca Juga: Nopol RFS Selebgram Rachel Venya Asli, Polisi Ungkap Alasannya

Namun perlu dipahami, melaju di jalan tol juga bisa picu kecelakaan.

Penyebabnya macam-macam dan salah satunya adalah alami microsleep.

Apa itu microsleep? Istilah microsleep merupakan suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk.

Baca Juga: Hujan Deras, Mending Banget Hindari 4 Lokasi Parkir Mobil Seperti IniKejadian microsleep pada umumnya hanya berlangsung sekitar satu hingga dua detik saja.

Secara umum, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa alami microsleep.Seperti hutang tidur (waktu tidur kurang dari 6 jam), alami gangguan tidur, pergeseran waktu tidur (contohnya kena kerja shift malam) atau karena efek sedang melakukan pengobatan.

Baca Juga: Ganjil Genap Jakarta Berlaku Juga Sore Sampai Malam, Ini Lokasi TerbaruKhusus saat mengemudi di jalan tol, microsleep bisa jadi tidak disebabkan oleh hal-hal yang secara umum jadi pemicunya.Dari beberapa sumber yang dilansir Otofemale.ID, menyebutkan berkendara secara monoton seperti di jalan tol bisa membuat kewaspadaan berkurang.

Baca Juga: Parkir Mengganggu Fungsi Jalan Umum Bisa Dirazia Polisi, Amit-Amit DehPengemudi yang kewaspadaannya berkurang saat berkendara di jalan tol, akibat dari bosan dan mengantuk karena perjalanan yang monoton.Saat pengemudi mulai mengantuk akibat menempu perjalanan yang monoton, sangat mungkin terserang microsleep(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest