Tuas Transmisi Sudah di P Saat Mobil Matik Parkir, Masih Perlu Tarik Handrem Nggak Sih?

Jumat, 27 Agustus 2021 | 21:10
Naijauto.com

Tuas transmisi matik di huruf P

Otofemale.ID - Salah satu huruf di tuas transmisi mobil bertransmisi matik adalah P.

Dan miliki fungsi saat pengendara mobil matik memarkirkan kendaraannya.

Baca Juga: Tujuh Bulan Setelah Rilis Global di India, Renault Kiger Hadir di Indonesia

Yang jadi pertanyaan, kalau tuas transmisi sudah ada di huruf P masih perlu tarik rem tangan?

Jawabannya perlu dan itu ditegaskan oleh pemilik bengkel spesialis mobil matik, Hermas Efendi Prabowo.

Baca Juga: Aturan Dispensasi SIM Mati Selama PPKM Ada yang Baru, Berabe Kalau Sampai Salah Tanggal

"Ketika mobil matic parkir sebaiknya rem parkir juga digunakan, jangan cuma tuas ditaruh di P saja," tegas pemilik Worner Matic ini.

Dijelaskan secara teknis oleh Hermas, saat tuas transmisi otomatis di posisi P ada "cantolan" atau "pengait" (Parking Pawl) yang bekerja.

Pengait ini akan berfungsi mengunci output shaft transmisi otomatis."Pawl ini akan nyantol di sela-sela gigi tambahan di output shaft sehingga membuat mobil matik tidak dapat bergerak," terang Hermas.

Baca Juga: Nekat Parkir Mobil di Trotoar Dompet Bisa Ambrol, Bayar Denda DoublePawl ini yang akan menahan atau mencegah output shaft berputar selama mobil matik parkir.Kalau rem tangan nggak diaktifkan dan hanya andalkan huruf P, maka pawl ini akan menanggung beban yang berat.Makin berat tanggungannya, kalau mobil matik diparkir di jalan yang menurun atau menanjak.

Baca Juga: Penumpang Transportasi Umum Darat Bakal Perlu Aplikasi Ini, Serentak Sabtu BesokMenurutnya, kalau hal ini jadi kebiasaan atau sering dilakukan, maka lama-kelamaan parking pawl ini bisa aus atau rusak.

"Selain itu, kalau parkir cuma di P saja tanpa ditambah rem parkir, biasanya saat tuas digeser dari P ke D atau R akan terasa berat karena masih ada beban berat yang ditahan," jelasnya lagi.Untuk itu, saat mobil matic parkir mesti ditambah dengan menarik tuas rem tangan(*)Artikel ini sudah tayang di Otomania.com-Mobil Matic Parkir di Posisi P Tak Perlu Tarik Rem Tangan? Ternyata Yang Benar Seperti Ini

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya