Follow Us

Jaga Wiper Daihatsu Sigra Agar Umurnya Panjang, Lakukan Kebiasaan Ini

Kartika Afriyani - Rabu, 10 Juni 2020 | 22:35
Wiper
Freepik

Wiper

Otofemale.id - Meski jarang dipakai, tapi keberadaan wiper mobil sangat dibutuhkan apalagi ketika hujan yang datangnya suka tiba-tiba. Wiper mobil berguna untuk membersihkan air hujan yang menempel pada kaca depan agar pandangan ladies ke jalanan tetap kinclong dan aman terkendali.

Baca Juga: Manfaat Banget Bagi Ladies, Ini Fitur yang Wajib Ada Saat Beli Mobil BaruTapi asal ladies tau saja, wiper mobil juga bisa mengalami kerusakan kalau nggak dirawat dengan baik. Kalau sudah rusak, maka wiper nggak bisa membersihkan kaca mobil depan dengan maksimal dan membuat pandangan ladies jadi terganggu ketika hujan turun.

Baca Juga: Harga Rp 100 Jutaan, Ini Pilihan Mobil yang Bisa Ladies Dapatkan Ditengah Ekonomi yang MenurunBiar wiper mobil awet dan bekerja secara maksimal saat dibutuhkan, ladies bisa melakukan 4 hal ini untuk membuatnya panjang umur.Otofemale.id melansir Kompas.com, ini dia 4 kebiasaan kecil untuk membuat wiper mobil lebih awet.

1. Periksa karet wiper Wiper menggunakan karet untuk menyapu air yang membasahi kaca mobil. Jika kondisi karet sudah tidak optimal, maka tidak akan bisa menyapu air secara maksimal.

Baca Juga: Toyota Yaris TRD Sudah Ada Fitur Engine Start/Stop Button, Begini Cara Pengoperasiannya"Karet wiper itu termasuk komponen yang tidak terlindungi, karena letaknya di luar. Dengan begitu, bisa saja berubah menjadi keras atau getas," ujar Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor.

Baca Juga: Mesin Suzuki Ignis Bunyi Tek Tek, Ingat Lagi Diisinya Pakai Bensin Apaan?Sebaiknya, karet wiper diganti dengan yang baru setiap enam bulan sekali atau di saat performanya sudah menurun. 2. Posisi wiper saat parkir Mengangkat posisi wiper saat parkir hanya diperlukan jika mobil diparkir di luar ruangan selama berhari-hari.

Tujuan dari kebiasaan ini adalah agar karet wiper tidak melengkung. "Sebaiknya hindari parkir di bawah sinar matahari langsung," kata Bambang. 3. Bersihkan kotoran yang menempel

Jaga kebersihan kaca mobil dan juga karet wiper dari debu dan kotoran.

Baca Juga: Cara Gampang Atasi Nozzle Wiper Mobil Mampet, Ladies Tinggal Tusuk Saja

Gunakan lap basah untuk membersihkannya atau siram dengan air. Bambang menambahkan, sebaiknya jangan gunakan wiper untuk menghilangkan debu di kaca. Sebab, kebiasaan tersebut dapat merusak karet wiper.

4. Semprotan anti-karat Sering kali terkena hujan dan terpapar sinar matahari langsung tentu dapat membuat komponen wiper berkarat, khususnya di bagian engselnya. Jika dibiarkan, tentu dapat mempengaruhi gerakan wiper. Untuk mengatasi hal tersebut, Bambang menyarankan untuk menyemprotkan cairan anti karat atau pelumas pada porosnya.

Source : Kompas.com

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest