Otofemale.ID - Motor matik Yamaha Mio ladies, kapan terakhir ganti oli mesin?
Kalau lupa kapan ganti oli mesin, Otofemale.ID kasih patokannya nih.
Baca Juga: Kain Terlilit Rantai Motor Bebek, Seorang Ibu di Aceh Meninggal Dunia
Normalnya setelah dipakai menempuh jarak 2.000-3.000 km, maka oli mesin perlu diganti.
Selain aturan jarak tempuh, patokan lama pemakaian juga bisa digunakan untuk tentukan waktunya ganti oli.
Baca Juga: Motor Nopol Jakarta Jangan Sampai Nggak Lakukan Uji Emisi, Ini Akibatnya
Adapun lama pemakaian yang dianjurkan adalah 2 bulan sekali ganti oli mesin.
Selain ganti oli mesin, motor matik juga wajib ganti oli gardan.
Nah kalau oli gardan, bisa lebih lama dari ganti oli mesin.
Perbandingannya paling tidak 3 kali ganti oli mesin dengan 1 kali ganti oli gardan.
Baca Juga: Lihat Postingan Emak-Emak Lawan Arah, Kalau Kena Razia Bayar Dendanya Berapa Yah?
"Kalau mengikuti rekomendasi dari Yamaha, oli gardan diganti tiap 9.000km sekali," ujar Saipul, Service Advisor Yamaha Delta Ciputat, Tangsel.
Meski anjurannya seperti itu, tapi nggak sedikit pebebgkel yang sarankan penggantian oli gardan lebih cepat dari normalnya.
Baca Juga: Pemotor Nggak Bisa Ngelak, Modal KTP Petugas Bisa Pelanggar Wajib Masker Kena Denda Progresif
Itu dilakukan untuk sesegera mungkin hidnari munculnya noise dari gear ratio.
AKIBAT NGGAK RUTIN GANTI OLI
Motor matik nggak utin ganti oli, maka ada beberapa hal yang bisa bikin geregetan.
Pertama adalah tarikan mesin motor nggak seagresif cowok kalau lagi pedekate.
Tarikan motor jadi loyo, bisa dilihat dengan cara dalam kondisi berhenti, buka gasnya sedikit atau banyak ketika hendak jalan.
Baca Juga: Waspada Ranjau Paku, Ini Temuan Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community
Motor yang tarikan mesinnya sudah loyo, juga jadi pemicu boros bahan bakar.
Itu karena mesi buka gas lebih besar agar motor matik bisa jalan.
Nah kalau nggak rutin ganti oli gardan, ya seperti yang sudah disebutkan di atas.
Akan muncul noise atau berisik di bagian gardan motor matik.(*)