Follow Us

Besok Puncak Arus Balik Libur Cuti Bersama, Atur Perjalanan dengan Baik

Octa - Jumat, 30 Oktober 2020 | 20:02
Perjalanan luar kota mending siang hari.
octa saputra/Otofemale.id

Perjalanan luar kota mending siang hari.

Otofemale.ID - Puncak arus balik libur cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diperkirakan mulai besok.

Oleh karenanya Polda Metro Jaya siapkan antisipasi puncak arus balik libur cuti bersama.

Baca Juga: Long Weekend Mau Trip Naik Mobil? Perhatian Sederetan Hal Ini Agar Liburan Tetap Aman dan Nyaman

Perkiraan puncak arus balik libur cuti bersama seperti dikatakan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

“Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk gerbang tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama,” kata Kombes Sambodo di Gerbang Tol Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Ini Cara Hindarinya

Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya, kita atur kita bisa lancarkan,” sambungnya.

PILIH PERJALANAN SIANG

Lakukan perjalanan luar kota malam hari itu nggak safety.

Ada beberapa alasan yang membuat malam hari bukan waktu yang tepat untuk berkendara.Dengan penerangan yang mengandalkan lampu mobil dan lampu di jalan, visibilitas pengemudi terbatas.

Baca Juga: Perjalanan Luar Kota, Nyetir Mobil Kapan Waktu Istirahatnya?Pastinya ini sangat berbeda kalau lakukan perjalanan luar kota pada siang hari. Visibilitas pengemudi pada malam hari yang terbatas, juga membuat indra penglihatan harus bekerja ekstra keras dan jadi cepat lelah.

Baca Juga: Ajak Anak Lakukan Perjalanan Luar Kota, 3 Fitur di Mobil Ini Waib TahuSelain mata, berkendara pada malam hari juga membuat pengemudi memiliki kecenderungan mengalami penurunan konsentrasi.Belum lagi dengan kenyataan adanya faktor kurang disiplinnya pengguna jalan lain yang dapat picu kecelakaan.

Kurang disipling dari pengendara lain itu misalnya pengguna motor yang tidak pakai lampu dari arah berlawanan.Atau juga pengendara lain yang membiarkan lampu remnya mati.Belum lagi infrastruktur yang tidak semuanya sudah bagus, seperti kurangnya lampu penerangan, jalan berlubang dan lain-lain. Melakukan perjalanan malam hari, juga sering dilakukan sampai lewati batas waktu istirahat.Standarnya jam biologis manusia itu mulai jam 21.00 WIB dan kalau nggak istirahat, maka akan cenderung alami penurunan kemampuan.(*)

Source : PMJNews

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest