Follow Us

Anti Merosot di Tanjakan, Mobil Jaman Now Sudah Banyak yang Pakai Fitur Ini

Octa Saputra - Jumat, 10 Desember 2021 | 15:00
Fitur Hill Start Assist banyak dipakai mobil masa kini (ilustrasi)
YouTube Toyota Indonesia

Fitur Hill Start Assist banyak dipakai mobil masa kini (ilustrasi)

Otofemale.ID - Makin ke sini, makin banyak fitur di mobil yang mendukung aman berkendara.

Fitur aman berkendara saat di jalanan yang menanjak, jadi salah satu yang ada di mobil jaman now.

Nah fitur aman berkendara di tanjakan, namanya juga macam-macam.

Baca Juga: Beli Mobil Wuling Almaz Bayar DP Cuman 25%, Ini Sederet Promo Akhir Tahun Wuling

Semisal pada mobil dari pabrikan Toyota, Honda sampai Mitsubishi diberi nama Hill Start Assist.

Mobil Suzuki seperti SUV XL7, fitur yang sama sebutannya Hill Hold Control.

Lalu pertanyaannya, apa dan bagaimana fitur yang dimaksud?

Fitur ini memiliki fungsi untuk mencegah mobil merosot ditanjakan.Oleh karena fungsinya mencegah mobil merosot di tanjakan, maka Hill Start Assist ini berkaitan dengan pengereman.Hill Start Assist ini sangat berguna saat jalan yang menanjak dan dalam kondisi macet.

Baca Juga: Minimal Test Antigen Syarat Perjalanan Pakai Mobil Pribadi Selama Libur Nataru, Berapa Biayanya?Pengemudi (khususnya mobil transmisi manual) tidak perlu repot tarik dan lepas rem tangan secara berulang-ulang.Adapun cara kerjanya, fitur keselamatan ini akan membaca posisi mobil ditanjakan dan saat pengemudi ngerem.Nah selanjutnya, kedua informasi tersebut dibaca oleh komputer dan kemudian akan menunda terlepasnya rem sesaat ketika kaki pengemudi berpindah ke pedal gas.

Ingat hanya sesaat ya dan pengereman sesaat itu akan otomatis terlepas ketika mobil mulai bergerak maju.Secara mekanisme kerja, maka terlihat ada 2 sensor yang terlibat dalam penggunaan fitur Hill Start Assist.

Baca Juga: PPKM Level 3 Serentak Batal Dilaksanakan, Ingat Prokes Saat Lakukan PerjalananSensor yang pertama adalah membaca kondisi mobil sedang ditanjakan (bagian depan mobil lebih tinggi dari belakang).Lalu sensor yang kedua adalah membaca kecepatan putaran roda.Sensor ini akan berikan informasi pada komputer untuk melepaskan rem secara otomatis, sesuai dengan tekanan pada pedal gas yang diberikan pengemudi(*)

Editor : Octa Saputra

Baca Lainnya

Latest