Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Niat Ganti Mobil Dari Pabrikan Jepang ke Eropa, Ingat Selalu Beda Posisi Tuas Sein

None - Senin, 02 Maret 2020 | 13:28
Tuas sein kebanyakan mobil pabrikan Jepang ada di sebelah kanan bawah kemudi atau setir (anak panah merah).
octa saputra/Otofemale.id

Tuas sein kebanyakan mobil pabrikan Jepang ada di sebelah kanan bawah kemudi atau setir (anak panah merah).

Otofemale.id - Ladies mau gonta-ganti sesama mobil dari pabrikan Jepang, pastinya nggak menemui kendala yang berarti.

Oh ya, mobil dari pabrikan Jepang itu misalnya Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu dan lainnya.

Baca Juga: Segera Bersihkan, Air Hujan Bisa Sebabkan 5 Bagian di Mobil Ini Timbul Karat

Lanjut lagi ya, beda cerita kalau ladies mau gantinya ke mobil dari pabrikan Eropa.

Hal tersebut dikarenakan pada beberapa mobil dari brand Eropa, posisi tuas sein adanya di kiri.

Baca Juga: Kopi Jadi Andalan Hilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil, Ini Alasan Ilmiahnya

Sementara kalau kebanyakan mobil dari pabrikan Jepang, tuas sein berada di kanan bawah kemudi.

Posisi tuas sein itu bukan satu-satunya yang berbeda dari kebanyakan mobil bikinan Jepang dan Eropa.

Perbedaan posisi tuas sein pada kebanyakan mobil Jepang dan Eropa itu, disebabkan oleh posisi kemudi alias stir.

Itu seperti dijelaskan Aswin Febianto, Product Trainer PT Garuda Mataram Motor yang dilansir Otofemale.id dari Kompas.com.

Baca Juga: Biar Nggak Malu Seperti Pelaku Pemukulan Supir Ambulans, Ini 7 Mobil yang Miliki Hak Prioritas

"Kalau mobil Eropa biasa kemudinya di kiri, otomatis tuas transmisinya berada di sebelah kanan.

Ini yang menyebabkan tuas sein dibuat di sebelah kanan, agar tangan kiri pengemudi tetap fokus di tuas persneling," jelas Aswin Febianto.

Baca Juga: Kaget Lihat Aksi Arsy Pakai Sepatu Injak Jok BMW Miliaran Rupiah Hadiah Valentine, Ashanty Ungkap Alasannya

Sementara untuk tuas wiper sengaja diletakan di kiri pengemudi mengingat fungsinya yang tidak terlalu krusial.

Hanya digunakan pada musim hujan, berbeda dengan lampu sein yang sering digunakan saat mengemudi.

Ungkapan tersebut juga dibenarkan oleh Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi.

Baca Juga: Seru Banget! Simak Kisah Bule Wanita Asal Jerman yang Kelilingi Pulau di Tanah Air Sendirian Naik Bajaj

"Posisi tuas lampu sein biasanya disesuaikan dengan posisi setir.

Jika setir di kanan maka tuas sein berada di kanan, seperti kebanyakan mobil Jepang.

Kalau mobil Eropa biasanya berada di kiri sehingga bisa mempermudah pengemudi untuk melakukan pergantian transmisi baik matik maupun manual," kata Anjar Rosadi.

Meski posisi tuas seinnya berbeda, namun Mobil Jepang maupun Eropa miliki mekanisme yang sama dalam penggunaan sein.

Seperti lampu sein yang akan otomatis mati sekitar tiga sampai empat detik saat mobil telah berbelok.

"Pada mobil Eropa lampus sein otomatis akan mati setelah mobil berbelok, biasanya kurang lebih sekitar tiga kali berkedip, atau dalam kurun waktu tiga sampai empat detik," ujar Aswin Febianto. Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, judul : Kenapa Tuas Sein Mobil Jepang Beda dengan Mobil Eropa?

Editor : Otofemale

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x