Follow Us

Nyalakan AC Kondisi Kabin Mobil Masih Panas Bisa Merusak Kesehatan, Ahli Ngomongin Faktanya

Kartika Afriyani - Kamis, 27 Agustus 2020 | 20:56
Menyalakan AC mobil (Ilustrasi)
Carparts.com

Menyalakan AC mobil (Ilustrasi)

Otofemale.id - Ladies pernah dengar enggak kalau nyalain AC saat masuk mobil, terutama pas kabin mobil terasa panas, bisa berbahaya buat kesehatan?

Katanya sih komponen di kabin mobil yang berbahan karet dan plastik bisa mengalami reaksi kimia ketika terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Pindah Rumah Data di SIM Perlu Diubah, Begini Prosedurnya dan Enggak Seribet yang DibayangkanKalau kabin yang panas kemudian langsung menyalakan AC, dianggap bisa jadi salah satu penyebab penyakit kanker.Nah kalau ladies pernah dengar kabar angin seperti itu, sebaiknya jangan diterima mentah-mentah ya.

Baca Juga: Ladies yang Masih Doyan Cek Hape Saat Kendarai Mobil, Ini Kata AhliSoalnya belum ada bukti nyata yang menyatakan kalau kabar itu benar adanya.Melansir Kompas.com, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan jika tidak ditemukannya bukti kalau menyalakan AC saat kabin panas bisa membahayakan kesehatan.

"Saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut.Sejauh ini belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk kabin mobil, terutama saat panas," kata Anjar.

Baca Juga: Doyan Nyetir Mobil Sambil Dengarkan Musik, Perhatikan 4 Hal IniTapi Anjar mengingatkan saat masuk ke dalam mobil sebaiknya buka jendela saat hendak menyalakan AC.Menurutnya hal tersebut diperlukan untuk pertukaran udara agar hawa panas di dalam mobil bisa keluar dengan cepat.

"Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara panas yang terjebak bisa keluar.Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan," ucap Anjar.

Kemudian menurut dokter rumah sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, ruang kabin mobil memang sebaiknya mendapatkan sirkulasi udara yang baik sebelum dipakai jalan.Sebab jika tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, maka dikhawatirkan bisa menimbulkan toksin atau zat lain yang sifatnya enggak baik buat kesehatan.Bila tertutup semalaman atau lebih, saat akan digunakan baiknya tidak langsung nyalakan AC, tetapi berikan waktu agar terjadi pertukaran udara dengan membuka pintu atau jendela mobil beberapa saat.Namun, jika hanya ditinggal sebentar boleh nyalakan AC bersamaan dengan membuka kaca mobil," ungkap Daniel.Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Mitos atau Fakta, Berbahayakah Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil?

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest