Follow Us

Mobil Jarang Full Penumpang Tekanan Angin Jangan Ketinggian, Ini Alasannya

Octa - Jumat, 04 September 2020 | 14:30
Ilustrasi merawat ban dengan baik.
Freepik/jcomp

Ilustrasi merawat ban dengan baik.

Otofemale.ID - Ladies nggak boleh nggak tahu nih soal tekanan angin pada ban mobil.

Jangan sampai tekanan angin pada ban terlalu tinggi, bila mobil jarang full penumpang.

Baca Juga: Ladies Wajib Hindari Nyetir Mobil dalam Kondisi Lapar, Ini Alasannya

Alasannya fungsi ban jadinya malah nggak maksimal, bila mobil sering dalam kondisi kosong tapi tekanan anginnya tinggi.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal.

Baca Juga: Pintu Bagasi Avanza Bermasalah, Via Online Harga Spare Partnya Nggak Sampai Rp 200 Ribu

"Kalau kendaraan kosong, tidak perlu tekanan udara yang tinggi pada ban agar nyaman, tidak terlalu keras, keausan ban baik, dan fungsi rem optimum.

Kalau kendaraan penuh, tekanan udara ban harus disesuaikan agar ban bekerja maksimal," ucap Zulpata seperti dikutip dari Kompas.com.

Diungkapkan juga oleh Zulpata Zainal hal tersebut berlaku juga sebaliknya, jika kendaraan penuh tapi tekanan udaranya standar, mobil jadi tidak stabil dan bisa merusak dinding ban karena beban yang terlalu berat.

TEKANAN ANGIN BAN

Ngomongin soal tekanan angin, jangan hanya perhatian pada 4 ban yang dipakai saja loh.

Baca Juga: STNK SIM Hilang, Begini Cara Mengurus dan Biaya yang Disiapkan

Ban cadangan alias ban serep, tekanan anginnya kudu diperhatian.

Alasannya so pasti agar ban serep siap dipakai setiap saat.

Baca Juga: Nyalakan AC Kondisi Kabin Mobil Masih Panas Bisa Merusak Kesehatan, Ahli Ngomongin Faktanya

Meski jarang pakai, namun bisa saja tekanan angin pada ban cadangan berkurang.

Oleh karenanya secara rutin tekanan angin pada ban cadangan harus dicek dan pastikan minimal 44psi (untuk mobil keluarga).

Untuk jenis mobil lainnya, paling tidak tekanan anginnya dilebihkan dua sampai lima psi dari ban utama.

Selain tekanan angin, pada ban serep juga perlu diperhatikan TIN atau Tyre Identification Number untuk memastikan ban masih layak pakai atau sudah kadaluarsa.

Fisik dari ban cadangan juga harus diperhatikan, jangan-jangan karetnya sudah mulai getas dan pecah-pecah.

Segera ganti dengan yang baru, kalau sampai terlihat ada benjolan pada ban serep.

Ban serep yang letaknya dikolong mobil, sebulan sekali harus dibersihkan untuk mencegah munculnya karat pada pelek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com, judul : Ingat, Beda Tekanan Udara Ban Saat Mobil Bermuatan Penuh atau Kosong

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest