Follow Us

Care N' Cheers : Spooring Balancing, Urusannya Sama Ban Mobil Nih Ladies

Octa - Jumat, 27 November 2020 | 16:15
Iluistrasi mobil sedang melakukan perawatan spooring balancing.
Kompas.com

Iluistrasi mobil sedang melakukan perawatan spooring balancing.

Otofemale.ID - Spooring dan balancing jadi perawatan mobil yang wajib dilakukan.

Oh ya, spooring dan balancing ini perawatan yang kaitannya dengan ban mobil.

Baca Juga: Suzuki XL7 Pilihan Baru Medium SUV, Banyak Diminati Konsumen

Melakukan spooring dan balancing pada ban, akan membuat berkendara jadi aman dan nyaman.

Alasannya dengan melakukan spooring dan balancing, mampu mencegah resiko kemudi bergetar serta tapak ban yang ausnya nggak rata.

Baca Juga: Kisah Barter 'Nyeleneh' Toyota Avanza dengan Tanaman Hias, Sempat Nggak Deal

Untuk fungsinya, spooring dilakukan untuk meluruskan roda antara bagian depan dengan bagian belakang.Lalu kalau balancing dilakukan untuk untuk memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum.

Disarankan, spooring dan balancing dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.

Selain waktu, ada juga tanda-tan dayang bisa dipakai untuk jadi patokan waktunya spooring dan balancing.

Baca Juga: Toyota Innova Ringsek Parah di Tabrak KA, Ingat Selalu Cara Aman Lewati Perlintasan

1. Terasa ada getaran pada setir saat berkendaraBila terasa ada getaran pada setir saat berkendara, maka jadi tanda ada yang tidak beres dengan ban depan.Jangan dibiarkan, pasalnya akan memicu ketidaknyamanan ladies saat berkendara.

Baca Juga: Cuman Ada 2 Mitsubishi Pajero Sport, Dalam Garasi Menteri KKP yang Dini Hari Tadi Ditangkap KPK 2. Belok sendiri saat melaju lurusCoba rasakan, apakah ada perasaan bahwa mobil berbelok sendiri saat melaju lurus.Kalau memang ada kencenderungan mobil belok sendiri saat melaju dijalan yang lurus, maka saatnya lakukan spooring.

3. Setir terasa lebih beratJika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan setir tidak mau kembali pada posisi semula, maka segera lakukan spooring dan balancing.

Baca Juga: Lampu Sein Bukan Asal Dinyalakan Saat Mau Belok, Ada Aturan Mainnya 4. Terasa Goncangan Saat Membelokan MobilSaat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan dan kondisi ini terasa padahal jalan terlihat bagus.5. Aus nggak rataCoba perhatikan pada permukaan ban, apakah ada indikasi aus yang nggak rata.Misalnya ban hanya setengah bagiannya saja yang aus dan setengahnya nggak.(*)

Editor : Octa

Baca Lainnya

Latest